Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 23:00 WIB

Buka Data Bank atau Pajak, OJK&DJP Bergandengan

Oleh : - | Senin, 13 Maret 2017 | 19:20 WIB
Buka Data Bank atau Pajak, OJK&DJP Bergandengan
Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Hadad - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) meneken nota kerja sama bidang pengaturan, pengawasan&penegakan hukum, serta perlindungan konsumen sektor keuangan dan pajak.

"Dengan kerja sama ini, koordinasi dan langkah sinergi akan berlangsung lebih baik. Serta memperkuat kemitraan kedua lembaga," kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman Hadad di Kantor Pusat DJP, Jakarta, Senin (13/3/2017).

Nota kesepahaman ini ditandatangani Dirjen Pajak Ken Dwijugiasteadi dan Wakil Ketua Dewan Komisioner OJK, Rahmat Waluyanto. disaksikan Muliaman dan Menteri Keuangan Sri Mulyani.

Ruang lingkup nota kesepahaman ini menyesuaikan dengan aturan perundang-undangan, meliputi harmonisasi regulasi sektor jasa keuangan dan perpajakan, termasuk status perpajakan OJK.

Dalam kerja sama ini, juga mengatur urusan tukar menukar data dan informasi dalam tugas dan fungsi pengawasan DJP dan OJK.

Selain itu, terdapat pula penyediaan akses bagi OJK dan lembaga jasa keuangan di bawah pengawasan OJK dalam rangka konfirmasi status kepatuhan wajib pajak.

Pengaturan lainnya yaitu menyangkut penerapan pembukaan rahasia nasabah bank dalam rangka pemeriksaan, pemeriksaan bukti permulaan, penyidikan dan penagihan di bidang perpajakan melalui aplikasi elektronik Nota kesepahaman ini berlaku untuk lima tahun terhitung sejak 13 Maret 2017.

"Semoga nota kesepahaman ini merupakan awal dan pembuka, bagi kerja sama yang makin erat antara Kemenkeu, OJK, dan industri keuangan," kata Mulyani. [tar]

Tags

 
x