Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Juni 2017 | 23:01 WIB

DPR: Bola Panas Menkeu Sri untuk Jokowi

Oleh : Iwan purwantono | Selasa, 14 Maret 2017 | 04:29 WIB
DPR: Bola Panas Menkeu Sri untuk Jokowi
Anggota Komisi XI asal Gerindra Herry Gunawan - (Foto: istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Panitia Seleksi Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (Pansel OJK) telah menyerahkan 21 nama kepada Presiden Joko Widodo. Ini bakal menjadi bola panas di DPR.

Demikian disampaikan Anggota Komisi XI asal Gerindra Herry Gunawan kepada wartawan di Jakarta, Senin (13/3/2017). "Ini jelas presiden sedang menerima bola panas. Yang dibuat Menkeu Sri Mulyani," paparnya.

Vokalis Komisi XI menilai, sejak awal, Menkeu Sri Mulyani Indrawati yang menjadi Ketua Pansel OJK, telah menebar bibit permusuhan dengan DPR. "Beliau menyebut calon yang lolos itu kredibel. Maknanya jelas, yang tidak lolos tidak kredibel," ungkap anak buah Prabowo ini.

Menurut Herry, pernyataan Menkeu Mulyani jelas tidak pas. Apalagi, banyak calon petahana dan petinggi di lembaga industri keuangan yang tak lolos. Semisal, Ketua OJK Muliaman D Hadad, sejumlah komisioner, serta Dirut BEI Tito Sulistio. "Artinya, selama mereka menjabat tidak ada yang kredibel. Ini kan enggak pantas," terangnya.

Selain itu, dirinya mempertanyakan transparansi yang selalu digembar-gemborkan Menkeu Mulyani. Kenyataannya, proses seleksi serta penilaian pansel OJK sangat tertutup. Bahkan ada calon OJK yang mengaku tidak boleh berbicara kepada publik. "Jangan gembar-gembor transparansi, namun tertutup. Jangan agung-agungkan profesionalitas namun ngotot pasang orang di OJK. Itu sama dengan berpolitik," tegasnya.

Apakah DPR akan menolak calon komisioner OJK yang bakal diusulkan pemerintah? Herry belum mau menjawab secara tegas. Dia bilang, Komisi XI DPR akan tetap bersabar, menunggu usulan resmi dari presiden.

"Masing-masing fraksi akan memberikan pandangan. Bisa juga kita nilai calonnya tidak kredibel. Seperti halnya penilaian Sri Mulyani. Kalau itu sudah jadi keputusan, ya Anda simpulkan sendiri. Kita tunggu saja," pungkasnya. [ipe]

 
x