Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 30 April 2017 | 06:12 WIB

Utusan Freeport di Negosiasi, Tony Banyak Diam

Oleh : Uji Sukma Medianti | Rabu, 15 Maret 2017 | 04:39 WIB
Utusan Freeport di Negosiasi, Tony Banyak Diam
Tony Wenas yang menjabat Direktur Eksekutif PTFI - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Negosiasi perizinan antara pemerintah dengan PT Freeport Indonesia (PTFI/Freeport), dilanjutkan. Namun, pejabat Freeport lebih memilih untuk bungkam seribu bahasa.

Usai berunding di Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Jakarta, Selasa (14/3/2017), Tony Wenas yang menjabat Direktur Eksekutif PTFI, ogah buka mulut. Bisa jadi dirinya sengaja puasa bicara.

Kalimat yang terucap dari bibir Tony, sederhana dan normatif saja. Bahwa seluruh pihak tengah mencari jalan keluar yang terbaik.

Namun, Tony enggan membeberkan pembicaraan dengan Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono serta Sekretaris Jenderal KESDM, Teguh Pamudji.

"Kita berdiskusi untuk coba mencarikan jalan keluar terbaik bagi kepentingan semuanya. Kalau substansinya kita belum tahu karena belum selesai," kata Tony.

Saat ditanya soal kewajiban divestasi 51% saham Freeport, Tony menyebut itu masalah subtansial, sehingga belum bisa disampaikan kepada awak media yang sudah menunggunya sejak pagi. "Itu (divestasi) kan bagian substansi. Kalau substansinya nanti pada saatnya kita sampaikan," terangnya.

Begitu pun rumor tentang jabatan barunya di perusahaan tambang asal Amerika Serikat (AS), Tony justru balik nbertanya. "Posisi apa,: tegasnya.

Ya, beredar informasi bahwa Tony Wenas bakal naik pangkat menjadi Presiden Direktur Freeport, menggantikan Chappy Hakim. Pada 18 Februari lalu, mantan KASAU ini menyatakan mundur dari Freeport. [ipe]

x