Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 16:46 WIB

Ini Petunjuk Bappenas Bagi Daerah yang Susun DAK

Oleh : - | Rabu, 15 Maret 2017 | 18:00 WIB
Ini Petunjuk Bappenas Bagi Daerah yang Susun DAK
Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Yogyakarta - Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN)/Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro mewanti-wanti daerah untuk tidak serampangan dalam menyusun usulan DAK (Dana Alokasi Khusus).

Kata Menteri Bambang, pemda harus menyasar tiga sektor dalam DAK. Yakni sanitasi, air bersih, dan pendidikan vokasi. "Ini tiga wilayah DAK yang kami harapkan daerah bisa serius untuk melakukan," kata Menteri Bambang dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta di Sleman, Rabu (15/3/2017).

Mantan menteri keuangan ini bilang, penggunaan DAK untuk sanitasi dan air bersih, merupakan faktor pertama guna menjaga perbaikan nutrisi dan keamanan pangan. "Sanitasi dan air bersih ini juga langsung berpengaruh ke kesehatan, terutama anak-anak balita," ucap Bambang.

Terkait pengembangan pendidikan vokasi, menurut Menteri Bambang, bertujuan untuk mengurangi ketimpangan antara pendidikan vokasional dan umum. "Kami akan kembangkan pada level sekolah menengah dan politeknik," kata dia.

Informasi saja, program DAK dibiayai pusat melalui APBN. Di mana, pemerintah daerah menyusun program pembangunan yang selanjutnya diserahkan kepada pusat. Tentunya, program yang diusulkan sesuai dengan arahan pusat. [tar]

 
x