Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 03:32 WIB

Kapal Pesiar Tubruk Terumbu Karang,Ini Catatan DPR

Oleh : - | Kamis, 16 Maret 2017 | 16:17 WIB
Kapal Pesiar Tubruk Terumbu Karang,Ini Catatan DPR
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Anggota Komisi VII DPR Rofi' Munawar bilang, kerusakan terumbu karang di Raja Ampat, Papua akibat tertabrak kapal pesiar MV Caledonian Sky, merupakan bentuk kelalaian kolektif.

"Bagaimana mungkin otoritas resmi tidak mengetahui dan tidak paham bahwa sebuah Kapal dengan bobot berat lebih dari 4.200 Gross Ton (GT) bisa melewati perairan dangkal di Raja Ampat," tanya Rofi' berdasarkan rilis kepada INILAHCOM di Jakarta, Kamis (16/3/2017).

Legislator asal daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur ini pantas mempertanyakan lolosnya kapal pesiar mewah MW Caledonian Sky. Lantaran kapal ini benar-benar jumbo, panjang 90,6 meter dan lebar 15,3 meter, dengan berat 645 tonnase bobot mati (DWT) atau setara 4280 GT.

Akibat kandasnya kapal milik perusahaan asal Inggris ini, terumbu karang yang diperkirakan rusak, lebarnya berkisar 300-400 meter dengan panjang 100 meter. Dan kedalamannya sekitar 5 meter.

Keheranan politisi PKS tak berhenti di situ. Dirinya mempertanyakan kapal penarik (tug boat) milik BNPP. "Kemudian, dalam proses evakuasi kapal MV Caledonian Sky yang menabrak terumbu karang itu, dikabarkan menggunakan kapal penarik dari Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP). Ini apa-apaan," tegas Rofi'.

Dirinya juga mempertanyakan, kapal MV Caledonian Sky bukan kapal pesiar ecek-ecek. Dipastikan kapal ini memiliki piranti berteknologi tinggi. Namun kenapa bisa kebobolan, menakbrak terumbu karang yang dilindungi.

"Ini bentuk kelalaian kolektif yang harus dilakukan evaluasi secara menyeluruh dan dilakukan perbaikan dengan terintegrasi. Pemerintah harus segera meminta klarifikasi kepada pemilik kapal dan mengevaluasi sistem kesyahbandaran dengan lebih baik" tegasnya.

"Pemerintah harus segera membuat langkah nyata meminta ganti rugi terhadap pemilik Kapal MV Caledonian Sky dan segera membuat perencanaan perbaikan terumbu karang secara serius," pungkasnya.

Sebagai Informasi, Kapal pesiar MV Caledonian Sky berkapasitas 102 penumpang. Kapal ini, para penumpangnya dilayani bak raja dan ratu. Dan, layanan yang tersedia nonstop 24 jam. Wajarlah bila harga tiketnya cukup menguras kantong. Paket termurah sekitar Rp 94,5 juta dengan tujuan akhir di Tokyo, Jepang. Sedangkan paket termahal sekitar Rp 177 juta dengan tujuan akhir di Auckland. [ipe]

 
x