Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 25 Juli 2017 | 23:45 WIB

Inilah Dua Lokasi Favorit untuk Hunian

Oleh : - | Selasa, 21 Maret 2017 | 16:09 WIB
Inilah Dua Lokasi Favorit untuk Hunian
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Konsumen ternyata banyak memburu hunian di dua daerah ini, yakni Jakarta dan Tangerang. Sementara, pembangunan perumahan di dua daerah itu, menurun sejak kuartal IV-2016.

"Adanya aksi massa yang terjadi di kuartal empat 2016, serta kampanye Pilkada DKI Jakarta dan Banten, membuat para penjual properti memilih untuk menunggu. Jadi, pasokan belum tumbuh signifikan. Mungkin akan terus berlanjut setelah putaran kedua Pilkada DKI yakni April 2017. Sekaligus masuk Bulan Ramadan dan Idul Fitri pada bulan Mei-Juni 2017," kata Country Manager Rumah.com, Wasudewan dalam siaran persnya di Jakarta, Selasa (21/3/2017).

Terkait Jakarta dan Tangerang sebagai wilayah favorit bagi konsumen properti, mengacu kepada hasil survei Rumah.com Property Affordability Sentiment Index. Di mana, survei ini merupakan survei tahunan yang dilakukan Rumah.com bekerja sama dengan lembaga riset Intuit Research, Singapura. Survei dilakukan terhadap 1.030 responden, pada November-Desember 2016.

Dikatakan Wasudewan, pada kuartal II dan III-2016, pasokan hunian di Jakarta, mengalami pertumbuhan masing-masing 5% dan 3%. Namun pada kuartal IV, pasokan justru turun 8%.

Kondisi yang sama juga terjadi di Tangerang, Provinsi Banten, yang lokasinya berbatasan dengan Jakarta. Pada kuartal II dan III-2016, pasokan hunian tumbuh masing-masing 2% dan 3%. Namun kuartal IV-2016, turun 6%.

Secara umum, katanya, Jakarta Selatan menawarkan pasokan hunian paling besar dibanding wilayah lain di ibu kota, dengan jumlah sekitar 40%. Disusul Jakarta Barat 21%, Jakarta Timur 19%, Jakarta Utara 13%, dan Jakarta Pusat 6%. "Komposisi ini tidak berubah secara signifikan sepanjang tahun lalu berdasarkan data Rumah.com Property Market Index," kata Wasudewan.

Sekedar informasi saja, 10 besar lokasi favorit pencari properti di Indonesia adalah Jakarta, Tangerang, Bekasi, Bandung, Bogor, Depok, Surabaya, Semarang, Medan, dan Denpasar. [tar]

 
x