Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 17 Oktober 2017 | 16:43 WIB

Besok Menkeu akan Bahas Ini dengan S&P

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 22 Maret 2017 | 12:40 WIB
Besok Menkeu akan Bahas Ini dengan S&P
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Hari ini Rabu (22/03/2017) lembaga pemeringkat utang asal Amerika Serikat (AS) Standard and Poors (S&P) mengunjungi Indonesia.

Menanggapi hal ini Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mengakui akan bertemu dengan pihak S&P pada besok Kamis (23/03/2017). Kedua pihak akan membicarakan seluruh capaian pemerintah selama 2016, terutama dari sisi anggaran.

"Besok kita akan bertemu, kita akan menyampaikan capaian kondisi keungan Indonesia selama 2016, terutama keuangan negara, aset, fiskal, penerimaan negara, apakah dari pajak atau perpajakan dari umum atau pun bukan pajak," papar Menkeu Sri saat ditemui di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Selain itu, pihaknya juga akan update mengenai belanja negara terutama dana transfer ke daerah kepada pihak S&P. "Apa saja yang bisa dikontrol pemerintah, dari asumsi makro mereka akan lihat transfer ke daerah," katanya.

Lebih lanjut mantan Ditektur Pelaksana Bank Dunia ini bilang, pihak S&P juga akan bertemu menteri lainnya dan Bank Indonesia (BI) untuk melihat perekonomian Indonesia secara umum.

Ia juga berharap S&P segera memberikan layak investasi untuk Indonesia. Sebab jika melihat kondisi makroekonomi dan fundamental negara Indonesia saat ini telah memenuhi kategori layak investasi.

"Kalau kami lihat dari dua rating agency yang sudah menempatkan Indonesia dari investment grade dan positif outlook, kami berharap ada kesamaan," tandasnya. [hid]

Komentar

 
x