Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 24 Agustus 2017 | 10:00 WIB

Hasil Lawatan G20

Menkeu Ani: Dunia Masih Penuh Ketidakpastian

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 22 Maret 2017 | 14:36 WIB
Menkeu Ani: Dunia Masih Penuh Ketidakpastian
Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan, Sri Mulyani Indrawati bersama dengan Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo baru saja menghadiri pertemuan negara-negara G-20 di Jerman akhir pekan lalu.

Dalam pertemuan tersebut negara-negara G-20 membahas banyak hal terkait isu ekonomi global yang sekira bakal terjadi, namun ada satu point penting dari pertemuan tersebut bahwa negara-negara G-20 sepakat bahwa kondisi ekonomi global masih penuh dengan ketidakpastian.

"Berdasarkan pertemuan G-20 ada hasil yakni ketidakpastian, pertemuan G-20 dengan tuan rumah Jerman di mana sebelumnya dilakukan pertemuan Republik Rakyat Tiongkok (RRT), tahun lalu di RRT pimpinan G-20 melakukan sepakat membangun kepercayaan upaya bersama kerja sama kooperatif untuk bangun ekonomi secara sehat," papar Menkeu Sri saat ditemui di Jakarta, Rabu (22/3/2017).

Dia bilang ketidakpastian ekonomi global terancam akan semakin bertambah setelah terpilihnya Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump dengan kebijakan proteksionismenya.

"G-20 saat ini sangat penting karen ada perubahan komposisi pimpinan yakni AS, dan Inggris pasca Brexit (Bretain Exit) akan segera dimulai. ketidakpastian arah kebijakan global mempengaruhi ekonomi dunia," katanya.

Sehingga kata dia negara-negara G-20 belum bisa membuat kebijakan yang benar-benar bisa disepakati bersama atas fenomena tersebut.

"Belum bisa disepakati arah kebijakan para pembuat keputusan G-20, mengenai perdagangan internasional dan climate change yang enggak disebutkan lagi di G-20," katanya.

Terkait dengan Indonesia, Menkeu Sri bilang bahwa Indonesia harus benar-benar bisa menghadapi ancaman ketidapastian ekonomi global ini, dengan memperkuat kondisi ekonomi dari sisi dalam negeri menjadi sangat penting.

"Menekankan untuk Indonesia menghadapi ketidakpastian global ini makin memperkuat kondisi dan sumber pertumbuhan di dalam negeri, hasil di G-20 memberi tekanan makin memperkuat pondasi ekonomi untuk jaga momentum pertumbuhan ekonomi yang berasal dari lingkungan internasional," tandasnya. [hid]

 
x