Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 13 Desember 2017 | 16:17 WIB

Jonan: Tren Baru Pelanggan Rela Tak Disubsidi

Oleh : Uji Sukma Medianti | Rabu, 29 Maret 2017 | 15:26 WIB
Jonan: Tren Baru Pelanggan Rela Tak Disubsidi
Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan - (Foto: inilahcom/M. Fadil Djailani)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan, mengatakan dirinya takjub atas perilaku pelanggan 900 VA.

Menteri Jonan, menuturkan pemerintah memang telah mengurangi subsidi listrik untuk pengguna 900 VA. Dari sebelumnya 46 juta pelanggan menjadi 23 juta pelanggan, sementara pengguna 450 VA tetap disubsidi dan akan terus ditambah.

Biasanya, keluhan datang dari pelanggan yang tadinya mendapatkan subsidi menjadi tidak mendapatkan subsidi. Namun, yang terjadi justru sebaliknya.

Menteri Jonan mengaku senang sebab ada tujuh pelanggan listrik 900 VA yang mengirimkan surat kepada Dirjen Ketenagalistrikan untuk dicabut subsidinya.

"Ada fenomena menarik, dari lapangan dirjen ketenagalistrikan bulan lalu ada tujuh pelanggan listrik 900 VA minta nama mereka dihapus dari orang yang mendapat subsidi. Ini bagus sekali," ungkap Jonan dalam sebuah diskusi di Jakarta, Rabu (29/3/2017).

Artinya, lanjut Jonan, hal ini merupakan inisiatif yang baik dari masyarakat. Bahkan, Jonan berharap semoga lebih banyak lagi masyarakat yang memiliki inisiatif seperti itu.

"Saya tanya Pak Dirjen (Ketenagalistrikan), ada gak yang pegawai ESDM (minta dicabut subsidinya)? Pak Dirjen bilang nggak ada. Mungkin pegawai ESDM kebalikannya, tidak disubsidi minta disubsidi," kelakarnya. [hid]

Komentar

 
x