Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 19 November 2017 | 06:10 WIB

Menkeu: Mr Trump, Perdagangan Bukan Zero Sum Game

Oleh : M fadil djailani | Jumat, 7 April 2017 | 05:29 WIB
Menkeu: Mr Trump, Perdagangan Bukan Zero Sum Game
Presiden AS Donald Trump dan Menkeu Sri Mulyani - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati heran dengan perilaku Presiden AS Donald Trump yang menerapkan proteksi dagang dengan negara lain. Di era globalisasi, kebijakan tersebut tak cocok.

Kata Sri Mulyani, globalisasi terbukti memberikan manfaat bagi berkembangnya perdagangan dunia. Di mana, rakyat di seluruh penjuru dunia, bisa merasakan nikmatnya. "Perdagangan itu membagi manfaat kepada kedua belah pihak. Ini bukan zero sum game, artinya yang satu dapat manfaat, yang lain tidak. Tidak bisa hanya baik bagi satu sisi," kata Menkeu Mulyani saat menjadi panelis dalam ASEAN Finance Ministers and Investors Seminar (AFMIS) ke-12 di Cebu, Filipina, dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan, Kamis (06/04/2017).

"Kebijakan zero sum game ini, seperti kita pikir yang impor yang rugi. Dan, kamu eksportir yang untung. Jadi, semua progres dalam ekonomi global beberapa dekade lalu, yang didorong juga oleh perdagangan, itu mundur," tambah Menkeu.

Kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini, dalam pertemuan para pemimpin dunia di G20 pada Juli 2017, isu ini akan dibicarakan. Khususnya soal kelanjutan kerja sama positif antar para pemain global.

Hal ini menjadi penting, karena sebelumnya, forum G20 selalu memberi dukungan pada upaya kerja sama dagang. "Trade protectionism sudah jadi isu bahkan di G20. Nanti akan dibicarakan, apakah protectionism ini dapat di-minimize," tandasnya. [ipe]

Komentar

 
x