Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 25 September 2017 | 16:59 WIB

Gegara Proteksi Dagang, Sri Mulyani Sentil Trump

Oleh : M fadil djailani | Jumat, 7 April 2017 | 15:48 WIB
Gegara Proteksi Dagang, Sri Mulyani Sentil Trump
Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati hadir dalam ASEAN Finance Ministers' and Investors Seminar (AFMIS) ke 12 di Cebu, Filipina - (Foto: kemenkeu)
facebook twitter

INILAHCOM, Cebu - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati lagi-lagi menyindir proteksi dagang Presiden Amerika Serikat (AS) Donald John Trump. Bisa menjadi ancaman bagi perdagangan global, khususnya ASEAN.

Hal tersebut dikatakan Sri Mulyani dalam forum ASEAN Finance Ministerss and Investors Meeting ke-12 di Cebu, Filipina. Kata dia, dalam beberapa dekade, Asia Tenggara telah merasakan nilai positif dari perdagangan global.

Dengan masuk ke pasar global, ASEAN menjadi salah satu pemain penting di dalamnya. Namun, kebijakan perlindungan dagang yang dikeluarkan oleh Amerika Serikat dapat mengganggu kawasan ini. "Karena negara-negara Asean menikmati manfaat dari globalisasi dan perdagangan ini," kata Menkeu Mulyani dikutip dari laman resmi Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (07/04/2017).

Terbaru Presiden Trump melontarkan perkataan yang kontroversial, pasalnya Trump akan menyelidiki negara-negara mitra dagangnya yang menyebabkan defisit bagi negara adi kuasa tersebut, salah satunya dengan Indonesia.

"ASEAN maupun negara-negara Asia lainnya, punya tanggung jawab untuk memberikan bukti, bahwa semua negara yang melakukan hubungan perdagangan itu untuk bagi dua belah pihak," kata Menkeu Sri Mulyani.

Dalam hal perdagangan, kata Menkeu Mulyani, ASEAN berada di posisi empat besar setelah AS, Uni Eropa dan Cina. Ini menunjukkan bahwa posisi Asean juga patut diperhitungkan dalam ekonomi dunia.

"ASEAN sebagai sebuah kelompok punya kewajiban moral untuk dapat menolak itu (perlindungan dagang). Karena perdagangan itu seharusnya saling memberi manfaat," tandas Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini. [ipe]

 
x