Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Juni 2017 | 15:43 WIB

APBN Tak Ekspansif Jangan Harap Ekonomi Menjulang

Oleh : M fadil djailani | Senin, 10 April 2017 | 01:39 WIB
APBN Tak Ekspansif Jangan Harap Ekonomi Menjulang
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) berupaya keras memenuhi target pertumbuhan ekonomi sebesar 5,6%-6,1% sampai 2018. Salag satu strateginya adalah refocusing belanja barang.

Sekretaris Jenderal Kemenkeu Hadiyanto mengatakan, target pertumbuhan ekonomi di kisaran 5,6-6,1% hanya bisa diraih apabila belanja APBN ekspansif. "Oleh karena itu, selain mendorong belanja infrastruktur peningkatan kualitas belanja dari belanja pemerintah juga harus ditingkatkan," kata Hadiyanto seperti dikutip dari laman Kemenkeu, Jakarta, akhir pekan lalu.


Hadiyanto berharap, pengelolaan anggaran dan pelaksanaan tugas fungsi Kemenkeu, bisa berjalan dengan berbasiskan efisiensi dan efektifitas. Sehingga output dan outcome-nya bisa sesuai harapan.

Dirinya mengungkapkan, penyerapan anggaran yang tinggi belumlah cukup. Harus diikuti dengan quality spending yang baik yaitu efisien.

Lebih lanjut anak buah Menteri Keuangan Sri Mulyani ini menjelaskan, gerakan efisiensi yang telah dicanangkan di Kemenkeu diharapkan dapat benar-benar diimplementasikan."Gerakan efisiensi harus dibangun dengan mindset bekerja atau sikap pikir, tindak, yang efisiensi. Setelah menjadi mindset kemudian menjadi gejala sosial sehari-hari di kita, kemudian itu akan menjadi budaya efisiensi," terangnya.

Hadiyanto pun berharap Kemenkeu bisa menjadi contoh bagi kementerian/lembaga lain dalam pelaksanaan belanja yang berkualitas. [ipe]

 
x