Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 29 April 2017 | 02:55 WIB

Kerajaan Saudi Kepincut Investasi di Kota Malang

Oleh : - | Rabu, 12 April 2017 | 03:29 WIB
Kerajaan Saudi Kepincut Investasi di Kota Malang
(Foto: MalangVoice)
facebook twitter

INILAHCOM, Malang - Pihak Kerajaan Arab Saudi tertarik membenamkan investasinya di Kota Malang, jawa Timur. Berbentuk pengembangan kebutuhan sosial dan pendidikan berkelas dunia.

Wali Kota Malang, Moch Anton bilang, pemkot Malng siap menerima investasi dari pengusaha Arab Saudi lainnya, di bidang apapun. Apalahi, Kota Malang sudah merencanakan pembangunan Islamic Center sebagai pusat kegiatan dan kajian umat Muslim.

"Sebagai kota pendidikan, Pemkot Malang terbuka untuk menjalin kerja sama dengan siapapun dan dari negara manapun, tak terkecuali Arab Saudi. Kondisi Kota Malang yang dikelilingi perguruan tinggi dan pesantren sangat tepat untuk investor pendidikan, termasuk dari Arab Saudi," papar Anton, sapaan akrabnya.

Abah Anton, sapaan akrabnya mengatakan hal itu usai menerima kunjungan Rektor Universitas Islam Mohammed Bin Saud Dr Sulaiman bin Abdullah Saud, Dewan Ulama Senior Kerajaan Arab Saudi, serta Kedutaan Besar Arab Saudi untuk Indonesia di Malang, Selasa (11/4/2017).

Kata Abah Anton, kerja sama yang dibahas dalam pertemuan di Balai Kota Malang itu, meliputi bidang pendidikan dan peningkatan kualitas umat. "Dr Sulaiman bin Abdullah Saud sebelum datang ke sini sudah berkunjung ke Aceh dan Medan. Kebetulan kunjungan mereka ke Jatim dan Kota Malang menjadi pilihannya karena dinilai memiliki potensi cukup tinggi," ujarnya.

Menurut Abah Anton, Kota Malang dengan Arab Saudi, memiliki ikatan sejarah yang erat. Di Kota Malang ada daerah yang bernama Embong Arab yang mayoritas penghuninya adalah keturunan Arab.

Sementara, Sulaiman bin Abdullah Saud mengaku sudah mempelajari berbagai potensi bisnis di Kota Malang. Di mana, Kota Malang memiliki banyak universitas, sehingga banyak anak muda yang menuntut ilmu. "Saya menjadi semangat untuk datang ke Kota Malang karena kota ini memiliki potensi besar dalam meningkatkan edukasi maupun keperluan kerja dan yang lainnya. Selain itu, setelah kunjungan Raja Salman yang menghasilkan berbagai kerja sama produktif," kata Sulaiman.

Sulaiman mengatakan, kunjungannya ke Kota Malang ini merupakan tindak lanjut dari kunjungan Raja Arab Saudi Salman, beberapa waktu lalu. "Pengembangan proyek kerja sama budaya dan pendidikan akan diwujudkan melalui arahan dan bimbingan Raja Salman," urainya.

Kunjungan Rektor Universitas Islam Imam Mohammed Bin Saud beserta rombongan yang berjumlah 30 orang itu ditemui oleh Wali Kota Malang M Anton, Wakil Wali Kota Malang Sutiaji, Sekda Kota Malang Idrus Ahmad sejumlah kepala organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan pemerintah kota setempat. [tar]

x