Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 25 Juni 2017 | 03:44 WIB

Inilah Tugas Pengusaha PLB dari Menkeu

Oleh : M Fadil Djailani | Kamis, 13 April 2017 | 07:14 WIB
Inilah Tugas Pengusaha PLB dari Menkeu
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati memberi 4 pekerjaan rumah (PR) bagi para pengusaha Pusat Logistik Berikat (PLB). PR tersebut bisa menciptakan kebijakan yang mampu meningkatkan kualitas sektor logistik dalam negeri.

Sehingga tujuan akhirnya agar PLB di Indonesia sehingga mampu bersaing dengan pusat logistik negara tetangga dan menjadi hub logistik Asia Pasifik.

"Karena kalian mengundang saya, maka saya buatkan PR," kata Sri Mulyani di Kantor Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Jakarta, Rabu (12/04/2017).

PR pertama kata Sri Mulyani adalah definisi dari hub logistik Asia Pasifik, negara mana saja yang menjadi hub logistik Asia Pasifik, dan meminta dibandingkan dengan PLB yang ada di Indonesia.

"Yang mengklaim jadi hub Asia Pasifik itu siapa? Singapura? Hong Kong? Coba bikin semua daftar yang mereka punya. Jadi, saya ingin melihat semua daftar mimpi Anda," katanya.

PR kedua, lanjut Sri Mulyani, membuat sebuah ukuran kemajuan terkait rencana menjadi hub di Asia Pasifik. Misalnya, berapa besar barang ekspor impor yang bisa ditampung di Indonesia.

Ketiga, Sri Mulyani ingin pengurus PLB menumbuhkan peran PLB sebagi pemecah ketimpangan kelogistikan sehingga pembangunan PLB dapat dilakukan secara tersebar, tak hanya terkonsentrasi di Pulau Jawa saja.

"Tadi saya lihat ada perusahaan PLB yang ingin fokus ke Indonesia Timur, itu baik sekali, tapi mengapa tak ke Sumatera juga," tanya Sri Mulyani.

Keempat dan terkahir adalah pembangunan PLB dilakukan berdasarkan pemetaan sektor industri yang dinilai sangat perlu dan penting memiliki PLB di dekat sumber produksi hingga pasar hasil produksi.

"Saya ingin kerja sama sehingga makin koheren dan makin maju. Kita bisa maju lebih baik lagi," jelasnya. [hid]

Tags

 
Embed Widget

x