Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 23:47 WIB

Ngobrol dengan GAPKI, Iran Borong Minyak Sawit

Oleh : - | Jumat, 14 April 2017 | 10:11 WIB
Ngobrol dengan GAPKI, Iran Borong Minyak Sawit
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Salah satu Perusahaan asal Iran tertarik meningkatkan belanja produk minyak kelapa sawit asal Indonesia. Ini jelas-jelas kabar gembira bagi industri minyak sawit di tanah air.

Dalam rilis dari Direktorat Asia Selatan dan Tengah (Asselteng) Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Kamis (13/4/2017) menyebutkan informasi tersebut berasal dari Kemenlu bersama Kedubes RI di Teheran yang memfasilitasi pelaksanaan video conference antara Gabungan Pengusaha Kelapa Sawit Indonesia (GAPKI) dengan Asosiasi Kelapa Sawit Iran.

Dari hasil komunikasi tersebut diketahui bahwa Iran mengharapkan ekspor minyak sawit dari Indonesia dapat dilakukan secara berkelanjutan karena adanya peningkatan permintaan minyak sawit bagi industri dari berbagai sektor di Iran.

Untuk itu, GAPKI dan mitranya dari Iran sepakat melanjutkan pembahasan aspek teknis mengenai ekspor-impor produk minyak sawit ke Iran dalam waktu dekat.

Kegiatan pembahasan antara GAPKI dengan Asosiasi Kelapa Sawit Iran yang dilaksanakan pada akhir Maret itu merupakan upaya Pemerintah RI untuk mendorong ekspor kelapa sawit Indonesia ke pasar-pasar potensial.

Iran saat ini merupakan pasar yang memiliki potensi untuk ekspor kelapa sawit Indonesia dengan permintaan sebesar 500 ribu metrik ton per tahun.

Selain untuk memenuhi kebutuhan domestik, minyak sawit Indonesia juga akan didistribusikan ke negara tetangga Iran, seperti Irak, Suriah, maupun negara-negara Commonwealth of Independent States, seperti Armenia, Azerbaijan, Belarus, Kazakhstan.

 
x