Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 01:31 WIB

Rini Tantang Telkom Ambil-alih Satelit Indosat

Oleh : Uji sukma medianti | Senin, 17 April 2017 | 14:11 WIB
Rini Tantang Telkom Ambil-alih Satelit Indosat
Menteri BUMN Rini Soemarno - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menteri BUMN Rini Soemarno meminta PT Telkom Tbk (Persero/Telkom) mengambil alih slot satelit milik PT Indosat.

"Saya dapat kabar akan ada Orbit kosong ditinggalkan pemiliknya, kalau boleh tolong alokasikan untuk Satelit Satelit Telkom 4,"kata Rini dalam peresmian operasi Satelit Telkom 3S di Stasiun Pengendali Utama Satelit Telkom Cibinong (SPU Cibinong), Bogor, Jawa Barat, Senin (17/4/2017).

Alasan Rini sebagai upaya untuk melebarkan sayap Telkom, dalam menyediakan layanan internet di seluruh Indonesia. Dengan kinerja saat ini, Telkom memiliki kapasitas besar untuk mengendalikan dan mengoperasikan satelit.

"Ini menunjukkan Telkom sudah punya kapasita besar untuk manage satelit ini. Nantinya Telkom bukan saja menjadi perusahaan yang memanage satelit untuk Indonesia, tapi mimpinya saya terbesar di Asia," papar Rini.

Hari ini, Telkom meluncurkan Satelit Telkom 3S yang berkapasitas 42 transponder, atau setara 49 Transponder Equivalent (TPE). Terdiri dari 24 transponder C-Band (24 TPE), 8 transponder extended C-Band (12 TPE), dan 10 transponder Ku-band (13 TPE), dengan jangkauan seluruh Indonesia, Asia Tenggara, serta sebagian Asia Timur.

Selain untuk mengurangi ketergantungan kepada satelit asing, keberadaan Satelit Telkom 3S bisa mengurangi kesenjangan akses informasi di seluruh pelosok negeri, khususnya daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Terpencil).

Seluruh infrastruktur telekomunikasi yang telah dibangun oleh Telkom, diantaranya kabel laut fiber optic, jaringan terestrial, ditunjang dengan sistem komunikasi satelit, diharapkan dapat memperkuat kemajuan ekonomi digital nasional serta mendukung pemerintah dalam membangun masyarakat digital Indonesia. [ipe]

 
x