Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 29 April 2017 | 02:56 WIB

Usai Perawatan, Kilang Jumbo Ini Siap Operasi

Oleh : - | Senin, 17 April 2017 | 17:28 WIB
Usai Perawatan, Kilang Jumbo Ini Siap Operasi
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Usai menjalani perawatan selama 42 hari, Kilang Balikpapan II siap untuk beroperasi kembali.

General manager Pertamina Refinery Unit V, Yulian Dekri menerangkan, masa turn around (perawatan) dari Kilang Balikpapan II selama 42 hari sejak 6 Maret hingga 16 April 2017, sudah rampung. Demikian pula tahapan start-up dijalankan pada 3 April 2017, sudah sesuai rencana. "Saat ini Kilang Balikpapan II sudah mulai beroperasi penuh kembali," kata Yulian, Senin (17/4/2017).

Turn around merupakan perawatan berkala kilang secara menyeluruh. Tujuannya menjaga performa produksi. Tahapan ini dilakukan per tiga atau empat tahun.

"Komitmen kami dalam turn around ini adalah untuk melaksanakannya sesuai target turn around excellent, yaitu tidak ada accident ( tidak ada fatality, tidak ada kebakaran dan tidak ada pencemaran lingkungan). Dan, kualitas terbaik, tepat waktu, dan tepat biaya," kata Yulian.

Kilang Balikpapan memproduksi berbagai jenis bahan bakar seperti Premium, Pertalite, Pertamax, Solar, LPG, Avtur, Pertamina Dex dan berbagai produk lainnya. Kilang Balikpapan menyuplai 26% BBM di Indonesia. Kilang ini merupakan terbesar kedua setelah Cilacap. [tar]

x