Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 01:57 WIB

Menperin Lanjutkan Program Vokasi di Jateng

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 19 April 2017 | 15:32 WIB
Menperin Lanjutkan Program Vokasi di Jateng
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kemenperin akan meluncurkan lagi program pendidikan vokasi industri tahap dua di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Program ini merupakan program ekonomi pemerataan yang digaungkan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebelumnya program tersebut diluncurkan di Jawa Timur pada akhir Januari lalu.

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mengatakan, industri memiliki peran penting dalam mempercepat pemerataan dan kesejahteraan.

Aktivitas Industri dinilai selalu membawa efek berganda terhadap pertumbuhan ekonomi nasional seperti melalui penyerapan tenaga kerja, peningkatan nilai tambah, dan penerimaan devisa.

"Vokasi ini programnya ingin di-launch secara bersama-sama, didorong untuk berbagai kementerian menyinkronkan program, baik dari vokasional training dan vokasional school," kata Menperin, Rabu (19/04/2017).

Dalam rangka penguatan SDM di sektor industri ini, Kemenperin akan kembali meluncurkan program pendidikan vokasi industri tahap dua yang berlokasi di Jawa tengan dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rencananya, Kemenperin akan menggandeng 120 industri dan 350 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

"Tergantung sektor, dari Perindustrian kan sudah memulai untuk di Jawa Timur. Nanti, Jumat besok kita launching di Jawa Tengah, itu ada sekitar 120-an perusahaan dengan sekitar 350 SMK," paparnya.

Airlangga berharap, program ini ke depan akan memperbaiki keterampilan kerja masyarakat Indonesia, sehingga memiliki daya saing lebih dan tidak gagap dunia teknologi. [hid]

 
x