Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 12:37 WIB

Jatim Batalkan Proyek Arteri Sukorejo-Batu

Oleh : Wahid Ma'ruf | Rabu, 19 April 2017 | 18:39 WIB
Jatim Batalkan Proyek Arteri Sukorejo-Batu
Gubernur Jawa Timur, Soekarwo - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Surabaya - Gubernur Jawa Timur, Soekarwo membatalkan proyek jalan arteri dari Sukorejo, Kabupaten Pasuruan menuju Kota Batu dan sebaliknya karena membutuhkan anggaran sangat mahal.

"Penghentian ini dilakukan karena anggaran yang dibutuhkan pembangunan jalan arteri sangat tinggi," ujarnya di Surabaya, Rabu (19/4/2017).

Pakde Karwo, sapaan akrabnya, menjelaskan proyek jalan arteri akan menghabiskan dana Rp1,3 triliun karena harus membebaskan lahan. "Saat itu Asisten II Sekdaprov Jatim yang juga Penjabat Bupati Malang belum menghitung semua kebutuhan anggaran, namun setelah dihitung ternyata membutuhkan anggaran sangat besar," ucapnya.

Kendati dibatalkan, orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut menjanjikan proyek jalan tol dengan jurusan sama, bahkan sudah ada investor yang tertarik membangunnya.

"Saya belum bisa menyebut nama investornya karena masih penjajakan, tapi secara prinsip sudah sepakat dan segera dilakukan pengerjaan," kata mantan Sekdaprov Jatim itu.

Menurut dia, pembangunan akses ini sangat penting karena ada potensi obyek wisata sangat besar di Kota Batu, di sisi lain jalan yang saat ini tersedia terlalu padat.

"Tol ke Batu ini pertimbangan utamanya karena soal kunjungan wisatawan. Apalagi kalau musim liburan, dipastikan jalan menuju ke sana sangat padat," tuturnya.

Pembangunan tol nantinya, kata dia, akan melewati kawasan Hutan Raya Raden Suryo yang kini menunggu tender di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PU) serta Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT).

"Saat ini tinggal menunggu persetujuan dari Kementerian PUPR dan BPJT. Rencananya, pertengahan 2018 mulai pengerjaannya dan targetnya selesai 2021," katanya. [tar]

 
x