Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 00:06 WIB

Di Acara Bank Dunia, Ani Berburu Dana Infastruktur

Oleh : M fadil djailani | Kamis, 20 April 2017 | 15:45 WIB
Di Acara Bank Dunia, Ani Berburu Dana Infastruktur
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Washington - Dalam acara Spring Meeting 2017 yang digelar International Monetary Fund (IMF) dan World Bank (WB), Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati aktif mencari sumber dana infrastruktur.

Acara bertaraf Internasional ini merupakan momentum bagi Indonesia untuk menggalang dana besar (utang). Di mana, pemerintahan Joko Widodo perlu dana besar untuk membiaya proyek infrastruktur.

Saat hadir dalam sesi Workshop: Indonesia Infrastructure Finance Roundtable with World Bank di gedung J, Kantor pusat World Bank, Washington DC, Sri Mulyani memberikan paparan.

Mulyani menyampaikan program penjaminan pembangunan infrastruktur di Indonesia dan berharap Bank Dunia bisa memberikan bantuan dalam hal penjaminan kerjasama pembangunan infrastruktur di Indonesia. Baik melalui Kerjasama Pemerintah Badan Usaha (KPBU)/Public Private Partnership (PPP) ataupun melalui non-PPP.

"Saya ingin menceritakan kepada Bank Dunia apa yang sudah Indonesia lakukan dalam pembangunan infrastruktur," kata Ani, sapaan akrab Sri Mulyani dikutip dari laman Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (20/04/2017).

Ani mengatakan, ada potensi Bank Dunia akan membantu pemerintah RI yang gencar membangun infrastruktur. "Pemicu pertemuan ini adalah kita bicara tentang skema pembiayaan infrastuktur karena Indonesia saat ini hendak membangun banyak infrastuktur, sementara dana yang tersedia dalam APBN sangat terbatas. Jika Bank Dunia dapat membantu negara yang kecil dan penuh konflik, kenapa tidak Bank Dunia bisa membantu Indonesia dalam pembangunan infrastruktur terutama pada remote area," kata Ani.

Sebagai informasi, selain dihadiri oleh jajaran Kementerian Keuangan, kegiatan ini turut juga dihadiri oleh berbagai pihak Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menangani pembangunan infrastruktur di Indonesia seperti PT. Sarana Multi Infrastruktur, PT. Penjaminan Infrastruktur Indonesia dan Bank Mandiri. [ipe]

 
x