Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 19 Agustus 2017 | 08:39 WIB

Proteksi Dagang Trump dan Kehadiran Pence

Oleh : M fadil djailani | Jumat, 21 April 2017 | 06:09 WIB
Proteksi Dagang Trump dan Kehadiran Pence
Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Keputusan Presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump melakukan proteksi dagang, membuat negara-negara di dunia galau. Apalagi pasca temuan defisit perdagangan negeri Uncle Sam itu.

Pada Rabu malam (19/4), Wapres AS Mike Pence bersama rombongan menjejakkan kakinya di Indonesia. Kira-kira, apa makna kehadiran orang kedua di AS ini?

Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartanto menilai kehadiran Pence akan membawa berkah yang luar biasa bagi Indonesia. Bisa jadi, ekspor Indonesia ke AS bakal melompat tinggi.

"Kalau dengan AS kita mengharapkan agar ekspor kita tidak terganggu. Karena, selama ini kan neraca dagang kita dengan AS positif," kata Airlangga usai menghadiri The Economist Events di Hotel Shangrila, Jakarta, Kamis (20/04/2017).

Airlangga bilang, selama ini, kegiatan ekspor-impor antara Indonesia dengan AS, terjalin cukup bagus. Tidak ada yang ditutup-tutupi, semuanya sangat terbuka. Selama ini, kedua negara mengekspor barang-barang pelengkap yang tidak diproduksi di masing-masing negara.

"Jadi komplimentari (pelengkap). Ekspor kita kan ke AS banyak produk tekstil, sepatu, yang menggunakan merek AS, seperti Nike, Reebok, dan lainnya," papar Airlangga.

Dengan kata lain, lanjut Airlangga, baik Indonesia maupun AS, tidak pernah melakukan kecurangan dagang. Artinya, tuduhan bahwa Indonesia memicu defisit bagi neraca perdagangan AS, tidaklah benar. "Tapi Kita dorong ketertarikan mereka di sektor pembangkit listrik, industri digital, dan produk konsumer," kata Airlangga. [ipe]

 
x