Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 September 2017 | 19:52 WIB

oleh;Marzuki Usman

Apa Kata Pentagon Tentang Indonesia

Oleh : Bachtiar Abdullah | Selasa, 25 April 2017 | 11:55 WIB
Apa Kata Pentagon Tentang Indonesia
Marzuki Usman M.A - (Foto: Inilahcom/Bachtiar Abdullah)
facebook twitter

Pada 1988 Menteri Keuangan J.B. Sumarlin meminta Marzuki Usman M.A menduduki jabatan Ketua Badan Pelaksana Pasar Modal (Bapepam) yang sedang mengalami mati suri sejak beridiri pada 1976. " Saya minta sementara Marzuki mengisi jabatan ketua Bapepam dan nanti pada 1989 merangkap jabatan sebagai Dirjen Moneter menggantikan Oskar Suriaatmadja yang pensiun. Marzuki santai-santai aja ya," tutur Menkeu Sumarlin.

Berdirinya pasar modal Indonesia dimaksudkan untuk menyejajarkan perekonomian Indonesia sekelas dengan negara-negara maju yang sudah mempunyai pasar modal. Pada 1977 Ketua Bappenas Prof Widjojo Nitisastro , menkeu Ali Wardana membujuk Presiden Soeharto untuk menyetujui ide pendirian pasar modal Indonesia. Presiden menyetujui ide ini.

Marzuki merasa beruntung ketika baru menjabat ketua Bapepam (1988) , kantor USAID (United States for International Development) di Jakarta memberikan bantuan tenaga para ahli pasar modal dari Amerika Serikat. Yakni bekas komisioner SEC (Stock Exchange Commissioner) John Evan dan seorang pensiunan pialang di NYSE (New York Stock Exchange) John Schroy. Berkat kerja sama dengan dua orang ini, Indonesia memiliki Undang Undang Pasar Modal pada 1993. Pada 1995 Marzuki Usman pindah ke menjadi Kepala Badan Pendidikan dan Latihan Keuangan, Departemen Keuangan RI.

Padat tahun ersebut , USAID di Washington DC mengirim DR. Allan Greensberg untuk mengevaluasi bantuan USAID terkait berhasilnya Indonesia memiiliki UU Pasar Modal.

Marzuki baru keesokan paginya bertemu dengan DR. Greensberg di Hotel Borobudur Intercontinental. Alangkah terkejutnya Marzuki ketika diberi kartu nama DR. Greensberg yang tertera adalah "Pentagon" (kantor Departemen Pertahanan AS yang berbentuk segi lima alias pentagon).Marzuki ketika itu bertanya, apa oendapat DR.Greensberg tentang Indonesia. " Saya mondar mandir ke Beijing dan mempertanyakan kenapa China masuk ke teknologi perang bintang," kata orang pentagon ini.

"saran saya kepada Marzuki buatlah Indonesia menjadi negara kaya sejahtera dan bangunlah industri anti-perang bintang. Jika misalnya China menyerang dari Udara, Indonesia bisa menangkalnya dari darat. Terus terang AS perlu melihat Indonesia sebagai negara kuat untuk mengimbangi dua negara besar yang baru, yakni:China dan India, "ujar DR. Greensberg.

*Marzuki Usman alumna universitas di AS . adalah bekas ketua Bapepam dan pernah Menjabat Menteri Pariwisata, Menteri Kehutanan dan Kepala Badan Koodinasi Penanaman Modal.

 
Embed Widget

x