Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 22 Oktober 2017 | 18:55 WIB

Pertamina Borong LNG ExxonMobil untuk Dalam Negeri

Oleh : Uji sukma medianti | Jumat, 28 April 2017 | 09:09 WIB
Pertamina Borong LNG ExxonMobil untuk Dalam Negeri
Pertamina dan ExxonMobil - (Foto: Riset)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Perjanjian kontrak impor Liquified Natural Gas (LNG/Gas Alam Cair) antara Pertamina dengan ExxonMobil, telah ditandatangani. Jumlahnya 1 juta ton per tahun, mulai 2025 sampai 2045.

Pendantanganan kerja sama ini dilakukan saat Wapres AS, Mike Pence berada di Indonesia, pada 20-21 April 2017. Dan, prosesinya Wapres Jusuf Kalla.

Menanggapi ini, Yenni Andayani, Direktur Gas dan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) Pertamina bilang, impor LNG dilakukan dengan alasan menghindari adanya defisit kebutuhan gas dalam negeri.

"Kalau kita enggak impor, kebutuhan gas gimana? Ada beberapa lapangan, besar besar, abadi, natuna tapi sampai saat ini kita nunggu perkembangannya," tutur Yenni di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Yenni mengaku, pihaknya memang telah dihadapkan pada beberapa pilihan sebelum akhirnya memilih impor LNG dari ExxonMobil yang notabene perusahaan minyak asal Amerika Serikat.

"Kalau kita beli dari Exxon dia gak bawa kilangnya dari Amerika. Total, shell mereka punya portofolio volume dan kapasitas di lokasi di dunia. Itu adalah fleksibilitas yang bisa kita nikmatin,"ujarnya.

Yenni menjelaskan jika impor dari ExxonMobil, mereka memiliki kilang di Papua Nugini,sedangkan untuk kilang yang di Qatar, Exxonmobil juga punya banyak fasilitas. "Kami membeli kargo dari internasional company, volume mereka bukan dari satu production fasilities saja. Ini juga memastikan security of supply terjaga," ungkapnya. [ipe]

Komentar

 
x