Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 Juli 2017 | 05:50 WIB

Sinergi Pertamina-PGN Murahkan Gas di Medan

Oleh : Uji sukma medianti | Jumat, 28 April 2017 | 04:00 WIB
Sinergi Pertamina-PGN Murahkan Gas di Medan
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kendati belum resmi terbentuk, namun kerja sama PT Pertamina dengan PT Perusahaan Gas Negara (PGN) disebut-sebut sudah terealisasi secara operasional.

Edwin Hidayat Abdullah, Deputi Bidang Usaha Energi, Logistik, Kawasan dan Pariwisata Kementerian BUMN mengatakan, Pertamina dan PGN sudah bekerja sama. Ini penting agar gas bisa diterima konsumen. Salah satunya di Medan, Sumatera Utara.

Kata Edwin, dengan kerja sama ini, harga gas di Medan bisa semakin murah. Dari US$12 menjadi US$9 per MMBTU. "Tahun lalu ribut harga gas di medan sangat tinggi, lebih dari 12 dolar AS per mmbtu. Dengan sinergi Pertamina dan PGN sekarang sudah sekitar 9 dolar AS per mmbtu. Jadi turunnya 20 persen," tutur Edwin di Kementerian BUMN, Jakarta, Kamis (27/4/2017).

Masih kata Edwin, saat ini, SPBG milik Pertamina di Jawa, sudah bisa dialiri gas yang didistribusikan melalui pipa PGN. "Perkembangan ini menunjukkan sinergi operasi penyatuan operasional Pertamina dan PGN sangat visibel dan punya dampak langsung ke masyarakat, baik untuk konsumsi maupun industri sebagai bahan bakar," ungkap Edwin.

Edwin menambahkan, beberapa proses yang sedang dan akan dilakukan oleh Pertamina-PGN selanjutnya itu ada di Batam dan Dumai.

"Di (Batam dan Dumai) akan dibangun dengan sinergi dan proses pembangunan. Dilakukan Pertamina dan PGN. Pertamina di kilang Dumai, dan PGN akan distribusi untuk industri kecil menengah dan sektor transportasi," kata Edwin. [ipe]

 
Embed Widget

x