Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 22 Agustus 2017 | 23:41 WIB

Anak Buah Jonan Sebut 16 Lokasi Layak untuk PLTB

Oleh : - | Selasa, 2 Mei 2017 | 13:38 WIB
Anak Buah Jonan Sebut 16 Lokasi Layak untuk PLTB
(Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menyebut adanya 16 lokasi yang cocok dikembangkan Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Mana saja daerahnya?

"Yang penting itu, kita pasti punya potensi lumayan. Sementara ini 16 untuk energi angin. (Tapi) Saya belum lihat," kata Dirjen Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian Eenergi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Rida Mulyana di Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (2/5/2017).

Menurut Rida, kerja sama pengembangan PLTB dengan Denmark, sudah berjalan di Solo, Jeneponto (Sulawesi Selatan), dan Sidrap (Sulawesi Selatan). Kapasitas dari lokasi tersebut mencangkup 75 MW dan 70 MW. "Untuk di Solo kemungkinan 2018 sudah jadi, karena sudah ditandatangani dengan Denmark," kata Rida.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) jajaki kerja sama dengan Denmark dalam upaya pengembangan potensi Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB). Menteri ESDM Ignasius Jonan hadir untuk menyaksikan peluncuran pemetaan potensi.

"Indonesia adalah negara kepulauan, akan menghabiskan banyak biaya jika harus menghubungkan antar pulau untuk aliran energi, maka agar efisien adalah mengembangkan potensi daerah masing-masing, salah satunya angin ini," kata Menteri ESDM Ignasius Jonan.

Dalam pertemuan di Kementerian ESDM bersama Menteri Kerja sama Pembangunan Denmark Ulla Tornes pembahasan berlanjut pada pemetaan potensi angin di Indonesia.

Menurut Jonan, terdapat 800 pulau berpenghuni di Indonesia yang membutuhkan listrik. Namun tidak mungkin jika harus dihubungkan dengan jaringan listrik dengan daerah lain. Karena ongkosnya sangat mahal, serta memakan waktu.

Jonan juga menyampaikan bahwa dengan adanya pengembangan potensi angin ini maka setiap daerah bisa memiliki energi tanpa harus mengandalkan sambungan jaringan utama antara pulau.

"Di situlah letak tantangannya, jika bisa menghasilkan barang kualitas bagus dengan harga mahal itu adalah hal biasa, tapi jika kualitas bagus harga murah itu adalah penemuan bagus, salah satunya PLTB," katanya.

Menteri Kerja sama Pembangunan Denmark Ulla Tornes bersama dengan Menteri ESDM meluncurkan peta angin dan studi energi yang menunjukkan potensi energi angin di Indonesia. Energi terbarukan merupakan tonggak kemitraan Denmark dengan Indonesia dalam pemenuhan target nasional untuk mencapai 23 persen energi terbarukan dari total konsumsi energi nasional pada tahun 2025.

Selanjutnya, Menteri Ulla Tornes akan bergabung dengan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Siti Nurbaya meninjau Teluk Jakarta dari atas kapal untuk melihat pencemaran yang ditimbulkan dari sampah plastik dan air limbah.

Keduanya akan meluncurkan kerja sama antar pemerintah terkait air dan limbah bersama di Museum Bahari. Akan ada penandatanganan kesepakatan dengan antara Dubes Denmarkd dengan Pemprov DKI Jakarta. Di mana, Denmark mendukung Rencana Induk Pengelolaan limbah Jakarta. [tar]

 
x