Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Juni 2017 | 02:04 WIB

Inflasi 'Kesetrum' TDL, Menko Darmin Masih Santai

Oleh : M fadil djailani | Selasa, 2 Mei 2017 | 17:09 WIB
Inflasi 'Kesetrum' TDL, Menko Darmin Masih Santai
Menko Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: Inilahcom/M Fadil Djailani)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Terkait inflasi April 2017 sebesar 0,09%, Menko Perekonomian Darmin Nasution biasa-biasa saja. Padahal, kenaikan tarif listrik diprediksi bakal mendorong inflasi Mei melejit.

"Yang inflasi itu terutama dari dua kelompok. Satu, listrik, air minum dan yang kedua adalah angkutan. Jadi, ya cukup baiklah inflasi bulan ini, sehingga ya year to date maupun year on year masih dalam range yang kami harapkan," kata Menko Darmin di Kantornya, Jakarta, Selasa (02/05/2017).

Darmin bilang, penyesuaian tarif dasar listrik untuk golongan 900 VA, tidak akan memengaruhi inflasi. Lantaran kenaikan serta pengaruhnya terhadap kegiatan ekonomi, tidak akan terlalu besar. "TDL itu hanya penyesuaian yang 900 VA. Sudah dimulai sejak awal tahun, berlanjut sekarang ini. Pemerintah ingin yang benar-benar dapat subsidi adalah mereka yang benar-benar membutuhkan," papar Darmin.

Kepala BPS Kecuk Suhariyanto mengungkapkan, inflasi April 2017 terjadi lantaran kenaikan harga dari kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar. Ya, tentu semuanya terkait dengan kebijakan pemerintah mengerek Tarif dasar Listrik (TDL) tahap II pada Maret 2017 untuk golongan 900VA. "Adanya pencabutan subsidi listrik bagi kelompok 900 VA menyebabkan inflasi bulan April 2017," kata Kecuk.

"Yang pasca bayar ini jumlah penggunanya sekitar 17,71 persen, lebih banyak dari yang pra bayar. Artinya dampaknya lebih besar dibandingkan bulan Maret. Rata-rata pengguna pasca bayar 2,3 kali lipat dari pra bayar," tambah Kecuk.

Kecuk menjelaskan bahwa laju inflasi kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar meningkat, dari bulan lalu inflasi 0,3% menjadi inflasi 0,93%, dengan inflasi tahunan mencapai 5,19%. [ipe]

 
Embed Widget

x