Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 26 Mei 2017 | 22:02 WIB

Jelang Puasa dan Lebaran

Satgas Stabilitas Harga Pangan Lahir dari Garut

Oleh : - | Kamis, 4 Mei 2017 | 11:15 WIB
Satgas Stabilitas Harga Pangan Lahir dari Garut
Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Bandung - Pemkab Garut, Jawa Barat, bersama penegak hukum membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pangan untuk mengawasi dan mengantisipasi kenaikan harga pangan menjelang Ramadan dan Idul Fitri.

"Satgas ini akan menjamin ketahanan pangan menjelang Ramadhan dan Lebaran," kata Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman usai menggelar pembahasan pangan bersama Kepala Polri, sejumlah menteri melalui video conference di Garut, Rabu (3/5/2017).

Helmi menuturkan, pemerintah pusat hingga kota/kabupaten serius untuk mengatasi persoalan pangan agar tidak terjadi kenaikan harga maupun kelangkaan menjelang Ramadhan.

Keberadaan Satgas Pangan itu, kata dia, untuk mencegah dan menindak pelaku penimbunan bahan pokok menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. "Nantinya tidak ada penimbunan bahan pokok menjelang Ramadhan," katanya.

Helmi menyampaikan, instruksi Presiden Indonesia Joko Widodo hingga ke jajaran pimpinan di pusat telah siap melaksanakan tugas mencegah kenaikan pangan menjelang Ramadan.

Arahan pemerintah pusat, kata dia, bahwa kebutuhan pangan di seluruh Indonesia akan tercukupi dan tidak akan terjadi rawan pangan. "Setiap daerah harus mencukupi dan tidak akan ada kerawanan pangan, barusan juga kita bicarakan dengan Bulog, kita (pangan di Garut) sudah aman untuk lima bulan ke depan," katanya.

Terkait antisipasi kelangkaan pangan, kata Helmi, pihaknya akan mendapatkan arahan langsung dari Kepala Polri berikut teknisnya. "Arahan dari pemerintah pusat nantinya akan dijelaskan kembali kepada kabupaten mengenai teknisnya," katanya. [tar]

 
x