Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 16:32 WIB

Berapa Potensi Laut Kita? Ini Angka Jokowi

Oleh : Uji Sukma Medianti | Jumat, 5 Mei 2017 | 03:39 WIB
Berapa Potensi Laut Kita? Ini Angka Jokowi
Presiden Joko Widodo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Presiden Joko Widodo bilang, mengelola potensi kelautan yang nilainya sekitar US$1,33 triliun, perlu keberanian dan cara yang diluar kelaziman, atau out of the box.

"Ini potensi besar. Tapi kalau pengelolalaannya kita hanya rutinintas, monoton, tidak ada terobosan, jangan harap angka ini bisa kita dapatkan," kata Jokowi dalam Rakornas Kemaritiman di TMII, Jakarta, Kamis (4/5/2017).

Kalau dikonversikan ke rupiah, nilainya bisa mencapai Rp 19.000 triliun. Kata Jokowi, kalau 10%-nya saja bisa didapatkan, sudah bagus, apalagi kalau bisa semuanya. "Ini pekerjaan besar, potensinya ada. Tetapi perhatian kita kesini belum (ada)," kata Jokowi.

Sedangkan Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan bilang, 10% dari potensi laut dan perikanan, bisa dimanfaatkan apabila terjalin team work yang baik. "Kalau team work kita bagus, kita akan segera cepat mencapai 10 persen itu. Kalau masih ada yang ribut ribut ya gak bisa, susah," ungkap Luhut.

Mantan Menkopolhukam ini bilang, masa depan Indonesia bergantung masyarakatnya, terutama generasi muda. "Kalian anak muda kompak dan gak usah terlalu banyak politik. Yang paling penting itu, leadership, dileverablenya. Jangan bicara gosip, PKI lah, apalah. Supaya kita bicara fakta, jangan bicara gosip ya. Data," ungkapnya. [ipe]

Komentar

 
x