Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Juni 2017 | 10:35 WIB

OJK: Jangan Tergiur Crowdfunding Lewat Medsos

Oleh : Dewa Putu Sumerta | Jumat, 5 Mei 2017 | 10:11 WIB
OJK: Jangan Tergiur Crowdfunding Lewat Medsos
Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa keuangan (OJK), Muliaman D Hadad - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Nusa Dua - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai crowdfunding. Atau pengumpulan dana masyarakat untuk memodali proyek. Modusnya makin canggih melalui media sosial (medsos).

Kata Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa keuangan (OJK), Muliaman D Hadad, pihak otoritas sangat concern untuk melindungi konsumen. Dalam hal ini masyarakat.

Untuk mencegah terjadinya kerugian masyarakat atas praktik crowdfunding ini, kata Muliaman, OJK tengah menggodok aturan khusus. "Kami tengah menyusun aturan main terkait crowdfunding. Ini untuk antisipasi kemungkinan yang tidak kita inginkan, kita ingin melindungi masyarakat," kata Muliaman di sela Seminar Internasional Perilaku Konsumen di Nusa Dua, Bali, Kamis (4/5/2017).

Muliaman mengakui, saat ini, banyak lembaga yang mengumpulkan dana dari masyarakat, melalui medsos, semisal instagram. Di mana, masyarakat diajak patungan untuk memodali suatu proyek. "Tidak ada aturan yang melindungi masyarakat dalam hal praktik crowdfunding, sehingga sangat potensial merugikan masyarakat," ungkap mantan Deputi Gubernur Bank Indonesia (BBI) ini.

Selain aturan tentang crowdfunding, Muliaman bilang, OJK tengah membidani lahirnya Komite Penasehat Teknologi Keuangan atau Fitech Advisory Committee" dan Inkubator Fintech. "Hal ini dilakukan menanggapi semakin pesatnya perkembangan teknologi keuangan atau fintech," papar Muliaman.

Saat ini, kata Muliaman, di Indonesia sudah ada 165 perusahaan Fintech yang terdaftar di OJK. "Kehadiran Fintech ini turut mempengaruhi industri keuangan sehingga melahirkan tantangan untuk merespon layanan keuangan yang memanfaatkan teknologi tersebut," kata Muliaman yang hobi berkebun ini. [ipe]

 
x