Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 26 Mei 2017 | 22:00 WIB

Pusat Logistik Berikat Semarang Segera Beroperasi

Oleh : - | Jumat, 5 Mei 2017 | 13:07 WIB
Pusat Logistik Berikat Semarang Segera Beroperasi
(Foto: inilahcom/Dok)
facebook twitter

INILAHCOM, Semarang - Bea Cukai meluncurkan Pusat Logistik Berikat (PLB) di Semarang. PLB diharapkan memberikan efek multiplier bagi Indonesia. Salah satunya adalah pemangkasan waktu tunggu bongkar muat pelabuhan atau dwelling time.

PT. MSA Kargo yang baru saja diresmikan menjadi PLB akan mulai beroperasi pada 23 Mei 2017 mendatang. Kepala Sudbirektorat Tempat Penimbunan Berikat, Tatang Yuliono mengungkapkan bahwa saat ini PLB bukan lagi hanya wacana, namun program ini telah berjalan dan akan terus berkembang.

"Program PLB saat ini sudah lebih dari setahun berjalan, dan sampai April kemarin nilai barang yang ditimbun di PLB mencapai Rp1,6 triliun. Tetapi jumlah ini masih tergolong kecil dan kami di Bea Cukai terus memperluas jangkauan PLB sambil memetakan sektor industri mana saja yang bisa kami dukung dengan fasilitas PLB ini. Misalnya sektor IKM yang telah kami berikan fasilitas KITE IKM, maupun yang selama ini sudah berjalan seperti perusahaan-perusahaan Kawasan Berikat," papar Tatang, Jumat (5/5/2017).

Monang Sianipar, pendiri PT MSA Kargo, mengungkapkan PLB MSA Kargo akan mulai beroperasi pada 23 Mei. Ke depan, PT MSA juga berencana akan mendirikan PLB baru di beberapa lokasi lain di Indonesia, seperti Denpasar, Medan, Makassar, Solo, Jakarta, dan kota besar lain. [*]

 
x