Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 16:31 WIB

Program Sejuta Rumah Jokowi Kurang 760 Ribu Unit

Oleh : - | Sabtu, 6 Mei 2017 | 10:09 WIB
Program Sejuta Rumah Jokowi Kurang 760 Ribu Unit
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Batam - Ini terkait program pembangunan sejuta rumah murah yang dicanangkan Presiden Joko Widodo. Saat ini, kurang dari 25% yang sudah dibangun.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimulyono mengatakan, pemerintah telah menyelesaikan pembangunan 240 ribu rumah murah di seluruh Indonesia. "Sudah selesai 240 ribu rumah murah disalurkan melalui BTN," kata Basuki usai meletakkan batu pertama rusun mahasiswa di Batam, Kepulauan Riau, Jumat (5/5/2017).

Tahun ini, kata Basuki, pemerintah merencanakan untuk membangun 700 ribu unit rumah murah di seluruh Indonesia. Dalam program sejuta rumah murah, pemerintah menyediakan skema FLPP (Fasilitas Likuidasi Penyediaan perumahan).

Sehingga masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) yang berpenghasilan Rp4 juta hingga Rp7 juta berpeluang memiliki rumah melalui FLPP. Tak perlu menyediakan dana besar untuk uang muka atau down payment (DP) karena hanya 1% dari nilai rumah. Begitu pula cicilannya cukup terjangkau kantong. "Pemerintah juga memberikan bantuan uang tunai Rp4 juta untuk membantu membayar uang muka dan administrasi lainnya," kata Basuki.

Pemerintah menyaratkan pembeli haruslah warga yang belum memiliki rumah dan bergaji di bawah Rp7 juta per bulan. Rumah dalam program itu tidak bisa dijadikan investasi atau dijadikan agunan kredit. "Kalau mau dijual, maka pemilik harus menjual kepada pengembangnya kembali. Jadi harus ketat kriterianya. Itu untuk semua rakyat," kata Basuki. [tar]

Komentar

 
x