Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 02:09 WIB

Kalahkan India dan Pakistan

Inklusi Keuangan OJK Terbaik di Asia Pasifik

Oleh : Iwan purwantono | Sabtu, 6 Mei 2017 | 13:09 WIB
Inklusi Keuangan OJK Terbaik di Asia Pasifik
kantor OJK - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pada Rabu (3/5/2017), Otoritas Jasa Keuangan (OJK) ditetapkan sebagai pemenang penghargaan Global Inclusion Award 2017 untuk regional Asia dan Pasifik (CYFI Country Award).

Penghargaan ini diberikan dalam acara The Global Inclusion Awards 2017 yang diselenggarakan Child and Youth Finance International (CYFI) bekerja sama dengan Pemerintah Jerman, selaku tuan rumah penyelenggara pertemuan G20 tahun 2017.

Pada The Global Inclusion Awards 2017 ini, Indonesia (OJK) berhasil mengalahkan India dan Pakistan yang sebelumnya masuk final untuk regional Asia dan Pasifik.

Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad mengatakan mengapresiasi prestasi ini. Ini merupakan kerja keras dari tim dan seluruh pihak yang terkait."Alhamdulillah kita bisa mendapatkan penghargaan ini. Artinya sistem inklusi keuangan di Indonesia, menjadi acuan dunia. Khususnya mengenai keterbukaan akses sektor keuangan terhadap UMKM, atau masyarakat yang tinggal di pelosok-pelosok," papar Muliaman di Jakarta, Sabtu (6/5/2017).

Kata Muliaman, pengakuan dunia terhadap inklusi keuangan di Indonesia, harus bisa ditingkatkan. Berbagai program yang terbukti positif dan efektif, bisa diteruskan. "Kita bisa mengalahkan India yang programnya bagus-bagus. Semangat internal OJK yang tumbuh pesat, harus bisa dipelihara," papar Muliaman.

Juri kompetisi ini berasal dari otoritas dan organisasi internasional seperti Deputi Kementerian bidang Kerja Sama Ekonomi dan Pengembangan Jerman (Federal Ministry for Economic Cooperation and Development), OECD, Thomson Reuters, dan konsultan serta profesional di bidang ekonomi dan keuangan. Selain itu, The G20 Global Partnership for Financial Inclusion (GPFI) juga berperan dalam penyelenggaraan kompetisi ini.

The Country Award merupakan salah satu kategori dari The Global Inclusion Awards untuk pertama kalinya diselenggarakan oleh CYFI pada 2012. Penghargaan ini diberikan kepada otoritas, atau pemerintah yang dianggap berhasil dalam membangun kerja sama nasional antar pemangku kepentingan, dalam upaya menciptakan iklim regulasi yang memperhatikan aspek keuangan bagi anak dan pemuda-pemudi. Serta bertujuan untuk memperluas jangkauan pendidikan keuangan yang berkualitas melalui jalur pendidikan formal dan non-formal.

Dengan penghargaan ini, Indonesia dianggap menunjukkan komitmen untuk meningkatkan literasi dan inklusi masyarakat Indonesia yang tampak dari berbagai upaya untuk memenuhi target inklusi keuangan sebesar 75% pada 2019. Serta target peningkatan literasi keuangan 2% per tahun.

Ke depan, masih kata Muliaman, OJK bisa menerskan berbagai program literasi dan inklusi keuangan, khususnya menyasar anak muda. Sehingga, mereka menjadi lebih bijak dan terampil dalam mengambil keputusan keuangan yang berkualitas serta mampu mengelola keuangan sesuai kebutuhan dan kemampuan. "Sikapi uang dengan bijak, cerdas mengelola masa depan sejahtera," kata Muliaman. [ipe]

Komentar

 
x