Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Mei 2017 | 09:32 WIB

Malaysia Belajar Konstruksi LRT ke Adhi Karya

Oleh : Uji Sukma Medianti | Sabtu, 6 Mei 2017 | 18:09 WIB
Malaysia Belajar Konstruksi LRT ke Adhi Karya
(Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Bogor - Pada Jumat (5/5/2017), delegasi Malaysia menyambangi kantor Precast LRT (Light Rail Transit) milik PT Adhi Karya (Persero) di kawasan Sentul, Bogor, Jawa Barat. Ada apa?

President & Group CEO of Prasarana Malaysia Berhard, menuturkan pihaknya datang langsung ke Sentul untuk melihat proses pembuatan pre cast. "Kami datang kesini untuk melihat proses pembuatan precast. Ini merupakan suatu kesempatan berharga bagi kami utk bisa mempelajari konstruksi LRT," ujar Hamid.

Dia mengakui, precast dan kontruksi jalur LRT Jabodebek sangat bagus. Dalam hal ini, Malaysia berniat untuk berbagi teknologi dengan Adhi Karya. "Konstruksinya sepanjang rail sangat bagus dan bernilai bagi kami, yang kami bisa pelajari dari Adhikarya sbg bumn konstruksi yang dipercayakan sebagai perusahaan LRT," ujarnya.

Sementara itu, Chairman of SPAD, Syed Hamid, menuturkan, kedepannya akan ada hubungan kerja sama dengan Indonesia berupa kerja sama yang saling menguntungka.

Dia mengaku terkesan dengan teknologi yang digunakan oleh Adhi Karya dalam membangun LRT Jabodebek. Contohnya dalam hal kecepatan, peningkatan efisiensi(pengurangan biaya) atapun dalam hal pelatihan pekerja. "Mengenai penggunaan produk lokal. Bagiaman kita memaksimalkan kemampuan lokal untuk membangun sebuah LRT," ungkapnya.

Sebelumnya, Malaysia sudah pernah memiliki pengalaman dalam membangun LRT, lantaran hal itulah pihaknya merasa senang bisa saling bertukar pengetahuan dan pengalaman. [ipe]

 
x