Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 24 Mei 2017 | 09:31 WIB

Pertumbuhan Masih Seret, Tim Ekuin Mana Kerjamu?

Oleh : M fadil djailani | Senin, 8 Mei 2017 | 00:39 WIB
Pertumbuhan Masih Seret, Tim Ekuin Mana Kerjamu?
Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef), Bhima Yudhistira Adhinegara mengatakan, pemerintah perlu bekerja keras jika ingin pertumbuhan ekonomi bisa 5,1% pada 2017.

"Jadi harus didorong investasi bisa lebih besar lagi. Dan, inflasinya harus benar-benar dijaga. Demikian pula ekspor juga begitu," kata Bhima kepada INILAHCOM, Jakarta, Sabtu (6/5/2017).

Soal Inflasi, Bhima mewanti-wanti bakal bisa melebar. Lantaran momentum Puasa dan Lebaran, sudah di depan mata. Jika pemerintah gagal, bisa berdampak kepada rendahnya pertumbuhan ekonomi di kuartal II-2017. "Harga-harga harus betul-betul dijaga. Ada catatan khusus mengenai kenaikan tarif listrik 900 VA, Puasa, Lebaran serta memasuki tahun ajaran baru," papar Bhima.

Tak hanya itu, sejumlah aspek yang juga harus diperhatikan yaitu sektor lapangan kerja. Akhir-akhir ini pertumbuhan industri pengolahan yang menjadi unggulan malah merosot lebih rendah dari pada perekonomian nasional.

Hal ini dipengaruhi oleh nilai ekspor dan impor dimana impor Indonesia melemah mengingat adanya kenaikan harga bahan baku dan bahan baku penolong sehingga mengalami penurunan.

"Adapun ekspor kita sebenarnya ada pertumbuhan tapi tidak cukup significant makanya kita sebut surplus yang semu dalam arti sebenarnya tidak ada perbaikan yang significant, impor yang lebih dalam jatuhnya (penurunan) sehingga terkesan kita mengalami surplus," ujar Bhima.

Sebelumnya, Badan Pusat Statistik (BPS) telah merilis angka pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2017 sebesar 5,01%. Di tiga kuartal berikutnya, pertumbuhan ekonomi jelas harus lebih tinggi lagi. Agar target pertumbuhan sesuai APBN 2017 sebesar 5,1% bisa diraih. [ipe]


 
x