Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 23 September 2017 | 00:08 WIB

Menteri Rini Tinjau Proyek Tol di Tapal Kuda

Oleh : - | Selasa, 9 Mei 2017 | 05:30 WIB
Menteri Rini Tinjau Proyek Tol di Tapal Kuda
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Probolinggo - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno meninjau pembangunan tol Pasuruan-Probolinggo di Desa Sumberkedawung, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur, Senin (8/5/2017).

"Alhamdulillah pembebasan lahan proyek tol ini lebih cepat dari yang ditargetkan karena target awalnya selesai pada Desember 2018, dengan pembebasan lahan yang lebih cepat, diharapkan proyek ini bisa selesai sebelum Lebaran 2018," kata Rini di Desa Sumberkedawung, Kecamatan Leces, Kabupaten Probolinggo.

Ia mengapreasiasi pengerjaan tol yang lebih cepat dari target yang ditentukan. Bahkan, pihak pelaksana berani menargetkan proyek jalur tol itu rampung pertengahan 2018. Sehingga bisa digunakan untuk melayani arus mudik Lebaran 2018.

"Setelah proyek tol Pasuruan-Probolinggo selesai, pemerintah akan melanjutkan pembangunan jalan tol Probolinggo hingga Banyuwangi," tutur Rini.

Untuk itu, lanjut Rini, Kementerian BUMN meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk segera melaksanakan lelang tol trans Jawa, ruas Probolinggo-Banyuwangi. "Kalau kita buat jalan tol Probolinggo-Banyuwangi, jalan tol yang sudah dibuat yakni tol Pasuruan-Probolinggo harus ada tambahan 13 kilometer dan hal itu bisa dilakukan lebih dahulu," kata Rini.

Rini meminta, Kementerian PUPT segera melakukan tender proyek tol sampai Banyuwangi. Diharapkan jalan bebas hambatan trans-Jawa bisa tuntas pada akhir 2019.

Tol Pasuruan-Probolinggo memiliki pintu keluar di tiga lokasi, yakni Grati Pasuruan, Bantaran dan Leces Probolinggo karena jalan tol tersebut dirancang untuk dapat mengurai kepadatan lalu lintas kendaraan dari Pasuruan- Probolinggo yang semakin padat. "Kalau sesuai kajian diperkirakan ada 18 ribu unit kendaraan yang melintas," kata Dwi Pratikto, Direktur Tol Pasuruan-Probolinggo.

Pembangunan tol Pasuruan-Probolinggo yang termasuk daerah Tapal Kuda ini, terbagi menjadi tiga seksi. Seksi I dari Grati-Nguling sepanjang 8 kilometer, seksi II dari Nguling-Sumberasih sepanjang 6 kilometer. Dan, seksi III dari Sumberasih-Leces, sepanjang 16 kilometer. Setelah selesai akan dilanjutkan seksi IV Leces-Gending, sepanjang 14 kilometer. [tar]

 
x