Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 26 Mei 2017 | 21:59 WIB

Dalam Dua Hari, Jokowi Blusukan Proyek di Papua

Oleh : - | Rabu, 10 Mei 2017 | 00:29 WIB
Dalam Dua Hari, Jokowi Blusukan Proyek di Papua
Presiden Joko Widodo - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jayapura - Dalam dua hari ini, mulai Selasa (9/5/2017),
Presiden Joko Widodo meresmikan empat proyek listrik di empat provinsi yakni Papua, Papua Barat, Maluku dan Maluku Utara.

Secara simbolis, Jokowi meletakkan batu pertama pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Jayapura berkapasitas 50 Mega Watt (MW). Acaranya dipusatkan di Holtekam, Distrik Muara Tami, Kota Jayapura, Papua.

"Listrik bukan hanya penerangan, tapi juga memberikan kepada masyarakat kita untuk meningkatkan kualitas hidupnya. Anak-anak bisa belajar dan ke depan anak kita bisa bersaing dengan negara lain. Sebab itu saya terus mendorong percepatan pembangunan pembangkit listrik di seluruh tanah air," kata Jokowi.

Proyek kelistrikan yang diresmikan Jokowi adalah listrik desa di empat provinsi, peresmian PLMH dan PLTS, peresmian PLTU Tidore, Maluku Utara berkapasitas 2 x 7 MW.

Jokowi mengakui, ketersediaan listrik menjadi salah satu masalah utama yang dirasakan seluruh daerah di Indonesia. "Setiap saya berkunjung ke provinsi mana pun selalu yang menjadi keluhan adalah kekurangan listrik. Karena itu saya sudah memerintahkan untuk segera menyelesaikan kekurangan listrik di daerah yang sudah mendesak, terutama di Indonesia Timur dan utamanya di Papua," kata Jokowi.

Sedangkan, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengatakan, dari sisi geografi, ada kendala untuk membangun pembangkit dan jaringan kelistrikan di Papua.

Namun, kata Jonan, kementerian ESDM bersama PLN terus berupaya mencari solusi untuk menyelesaikan hambatan yang ada. "Sebanyak 1.800 desa di Papua dan Papua Barat yang belum berlistrik akan dipasang room solar cell, ini cukup untuk menghidupkan empat buah lampu," ujar Jokowi.

Sesuai agenda, Joko Widodo selama dua hari yakni 9-10 melakukan kunjungan kerja ke Papua. Hari pertama, presiden meresmikan PLBN Skouw, meletakan batu pertama PLTMG Skouw, membagikan KIP dan KIS.

Dan hari kedua, presiden diagendakan untuk meresmikan Pasar Mama Jayapura, lalu meninjau pembangunan Jalan Wamena-Habema, di Kabupaten Jayawijaya. [ipe]

 
x