Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 23 November 2017 | 16:32 WIB

Tuan Rumah Acara IAPH, Infrastruktur RI Diakui

Oleh : Dewa putu sumerta | Rabu, 10 Mei 2017 | 14:45 WIB
Tuan Rumah Acara IAPH, Infrastruktur RI Diakui
Menko Kemaritiman, Luhut Pandjaitan - (Foto: Inilahcom/Eusebio Chrysnamurti)
facebook twitter

INILAHCOM, Nusa Dua - Indonesia dipercaya sebagai tuan Rumah The 30th International Association of Ports and Harbors (IAPH) World Ports Conference 2017. Lantaran Indonesia memiliki infrastruktur pelabuhan yang mumpuni.

Menko Kemaritiman, Luhut Pandjaitan mengatakan, ajang ini, dapat menjadi momentum untuk mengenalkan berbagai terobosan yang telah dan sedang disiapkan Indonesia.

"Fasilitas pelabuhan di Indonesia saat ini sudah jauh lebih baik. Sebut saja di Jakarta ada New Priok Container Terminal dan di Surabaya ada Terminal Teluk Lamong," ucap Luhut di Nusa Dua, Bali, Kamis (10/5/2017).

Selain dua pelabuhan itu, kata Luhut, ada pula Pelabuhan Kuala Tanjung di Medan, dan New Makassar Port di Makassar. Saat ini, kedua pelabuhan tersebut masih dalam proses.

Kata Luhut, konferensi kepelabuhanan ini, merupakan upaya untuk menggelorakan semangat Indonesia sebagai poros maritim dunia. "Momentum ini dapat digunakan untuk menunjukkan fasilitas dan pengelolaan pelabuhan di Indonesia yang saat ini sudah cukup baik," kata Luhut.

Luhut mengimbau kepada delegasi dari Indonesia untuk memanfaatkan kesempatan konferensi tersebut untuk pembaruan isu-isu terkini seputar kepelabuhan dan menggali potensi bisnis dari para peserta negara lain.

Sementara, Menteri BUMN, Rini Soemarno berharap, kegiatan ini mampu mewujudkan program pemerintah yakni Nawa Cita.

"Kami dari Kementerian BUMN menyambut baik acara tersebut untuk menggali berbagai potensi ekonomi di sektor maritim. Even ini penting guna mewujudkan nawa cita yang untuk Indonesia yang lebih baik," kata Rini.

Sejalan dengan rencana pemerintah menjadikan Indonesia poros maritim dunia, Direktur Utama PT buhan Indonesia (Pelindo) II, Elvyn G Masassya merasa bangga dan terhormat ditunjuk jadi penyelenggara pertemuan tersebut.

Ajang ini, lanjutnya, sekaligus bisa menjadi momentum untuk berbagi best practices dan ajang networking antar pelaku bisnis dalam bidang maritim logistik dunia yang begitu kompleks dan dinamis. Untuk Indonesia, kegiatan ini dapat digunakan sekaligus sebagai pengenalan konsep Indonesia Integrated Chain Port.

"Untuk kelancaran implementasinya guna meningkatkan pelayanan kepada pengguna jasa dan masyarakat, mengurangi biaya logistik, sekaligus mendukung pertumbuhan ekonomi nasional," tandas Elvyn.

Mengingatkan saja, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) I dan IV sebagai BUMN pelabuhan, adalah anggota IAPH. Keduanya dipercaya menjadi penyelenggara kegiatan yang diselenggarakan dalam tiga hari ke depan. [ipe]

Komentar

 
x