Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 13:35 WIB

APPKSI Cium Bau Amis Kredit Sawit di Bank Kaltim

Oleh : Iwan purwantono | Rabu, 10 Mei 2017 | 15:30 WIB
APPKSI Cium Bau Amis Kredit Sawit di Bank Kaltim
(Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Asosiasi Petani Plasma Kelapa Sawit (APPKSI) mencium ketidakberesan dalam penggelontoran kredit kelapa sawit yang macet di Bank Kaltim. Aparat penegak hukum diminta turun tangan.

Ketua Umum APPKSI, Muhammadyah dalam rilis kepada media di Jakarta, Rabu (10/5/2017), mengatakan, kredit yang dikucurkan Bank Kaltim untuk pembangunan kebun sawit dan pabrik minyak sawit terbengkalai. Sehingga menimbulkan kredit macet hingga ratusan miliar.

"Ini merupakan modus baru. Diduga kuat adanya kongkalikong antara pejabat bank dan pengusaha untuk membobol dana bank. Berdalih kredit perkebunan sawit untuk petani plasma sawit," ujar Muhammadyah.

Kata Muhammadyah, temuan di lapangan dan laporan LSM, warga desa serta catatan Dinas Perkebunan (Disbun) Kutai Kartanegara 2013, tidak ada tanda-tanda akan dibangun kebun plasma oleh salah satu perusahaan yang meminjam uang ke Bank kaltim. Informasinya, perkebunan tersebut dikembangkan untuk warga Desa Manamang Kanan, Kabupaten Kutao Kertanegara, Kalimantan Timur. "Padahal kredit Bank Kaltim sudah dicairkan oleh PT BHB," tegasnya.

Menurut dia, kucuran kredit yang sudah dicairkan dari Bank Kaltim kepada PT BHB mencapai 148,85 miliar pada 2011. Kemudian pada 2013, digelontorkan lagi sebesar Rp196,949 miliar untuk pembangunan pabrik minyak sawit. Di mana, dana tersebut ditujukan untuk membangun kebun inti dan kebun plasma masyarakat Desa Menamang Kanan, Kabupaten Kutai Kartanegara

Kata Muhammadyah, sesuai laporan kegiatan perkebunan PT BKB yang dikeluarkan Disbun Kutai Kartanegara 2014, memang belum ada kegiatan yang signifikan dalam pembangunan perkebunan kelapa sawit. Jadi, sangat aneh apabila kredit sudah dicairkan padahal status lahan belum Hak Guna Usaha (HGU), melainkan baru Izin Lokasi dan Izin Usaha Perkebunan. [ipe]

 
x