Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 23:36 WIB

OJK Dorong Bank Syariah Buka Cabang di Filipina

Oleh : - | Rabu, 10 Mei 2017 | 20:00 WIB
OJK Dorong Bank Syariah Buka Cabang di Filipina
Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Ada kabar baik untuk perbankan syariah di tanah air. Peluang buka kantor di luar negeri, mulai terbuka. Setelah sukses di Malaysia, menyusul Filipina.

Kata Ketua Dewan Komisioner OJK, Muliaman D Hadad, OJK mendorong perbankan syariah domestik bisa memperluas jaringan bisnis ke mancanegara, salah satunya Filipina. Di mana, ada potensi besar di negara tersebut, serta otoritas setempat sudah mengajukan permintaan kerja sama kepada Indonesia. "Mereka (Bank Sentral Filipina) meminta bantuan kerja sama dari bank syariah untuk Filipina Selatan," kata Muliaman di Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Muliaman bilang, peluang kerja sama perbankan antara Indonesia dan Filipina, bakal dibicarakan lebih lanjut saat kunjungan pimpinan Bank Sentral Filipina atau The Bangko Sentral ng Pilipinas pada 3-4 Juni 2017. "Tapi pembicaraannya memang nanti masih tahap awal," ujar Muliaman.

Muliaman menuturkan, kerja sama yang dibahas antara dua negara ini, bersifat bilateral, sesuai kerangka ASEAN Banking Integration Framework (ABIF). Di mana, OJK mengedepankan asas dan prinsip resiprokal dalam kerja sama bilateral ini. Seperti kesepakatan dengan Malaysia. Semuanya adalah rangkaian ABIF di kawasan Asia Tenggara yang diterapkan pada 2020.

Terkait kunjungan pimpinan Bank Sentral Filipina itu, Muliaman menjelaskan, masih berupa penjajakan awal. Sehingga belum dapat dipastikan apakah kesepakatan bilateral kerja sama perbankan dengan Filipina dapat terealisasi tahun ini, atau masih menunggu tahun berikutnya. "Ini kan masih tahap awal, kaya orang 'pacaran' dulu lah," ujar Muliaman sambil guyonan.

Hingga saat ini, kata Muliaman, belum ada bank domestik yang secara resmi mengajukan permintaan untuk ekspansi ke Filipina. Demikian halnya dengan Bank dari Filipina yang belum meminta izin membuka jaringan di Indonesia.

Sebelumnya, PT Bank Mandiri Persero (Persero) menyatakan ingin ekspansi ke Filipina. Mandiri tengah mengkaji opsi untuk mengakuisisi salah satu bank, atau lembaga keuangan di Filipina. Kalau tidak, Mandiri punya perusahaan patungan (joing venture) di negara tersebut.

Wakil Direktur Utama Mandiri, Sulaiaman A Arianto mengatakan, rencana ekspansi ke Filipina, kemungkinan belum bisa terealisasi tahun ini. Lantaran, perseroan fokus membuka kantor cabang penuh perdana di Malaysia. [tar]

Komentar

 
x