Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 24 November 2017 | 23:35 WIB

Jasa Tirta Bangun PLTM dan PLTMH di Subang

Oleh : Uji sukma medianti | Kamis, 11 Mei 2017 | 10:10 WIB
Jasa Tirta Bangun PLTM dan PLTMH di Subang
Perum Jasa Tirta II - (Foto: Ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Perum Jasa Tirta II bakal mengembangkan energi baru dan terbarukan (EBT) dengan membangun pembangkit listrik tenaga minihidro (PLTM) dan mikrohidro (PLTMH) di Subang, Jawa Barat.

Baik PLTM maupun PLTMH itu, memanfaatkan debit air dan tinggi jatuh. Namun, khusus PLMTH menghasilkan daya kurang dari 100kilowatt (kW), sementara PLTM berkapasitas dari 100kW hingga 5MegaWatt (MW).

"Kami (tengah) mencoba untuk membangun EBT untuk PLTMH di beberapa wilayah potensi debit, ada beberapa lokasi yang bisa diperkirakan. Kemudian hari PLTM dan PLTMH," jelas Djoko Saputro, Direktur Utama Perum Jasa Tirta II di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (10/5/2017).

Selain itu, Djoko mengungkapkan, pihaknya tengah melakukan studi untuk membangun Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) jadi photovoltaic power regeneration. "Kami harapkan studi ini bisa diselesaikan tahun 2017 sehingga di danau Jatiluhur seluas 82 km2 sebagian bisa dibangun floating photovoltaic dari FPV tersebut. Sehingga ada tambahan pasokan listrik," ucap Djoko. [ipe]

Komentar

 
x