Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 24 Juni 2017 | 10:30 WIB

Darmin: Aturan Pasca Tax Amnesty Sedang Disusun

Oleh : M fadil djailani | Jumat, 12 Mei 2017 | 01:09 WIB
Darmin: Aturan Pasca Tax Amnesty Sedang Disusun
Menko Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Menko Perekonomian Darmin Nasution bilang, UU 11/2016 tentang Pengampunan Pajak (Tax Amnesty), perlu diperinci lebih detil lagi. Khususnya terkait wajip pajak (WP) yang mangkir dari kewajiban.

"Nah kita sudah rapat untuk membuat aturannya. Supaya ada kepastian hukum bagi WP maupun bagi aparat pajak. Karena, tidak rinci sekali di UU-nya. Kita buatkan aturan yang lebih rinci," kata Darmin di Kantornya, Jakarta, Rabu malam (10/5/2017).

Mantan Dirjen Pajak ini bilang, amanat UU tax amnesty secara tegas menyatakan bahwa WP yang tidak ikut program tax amnesty alias mangkir, bakal dikenakan denda sesuai aturan.

"UU Tax Amnesty memang mengamanatkan bahwa bagi wajib pajak yang tidak mengikuti tax amnesty padahal dia sebetulnya ada yang harus diselesaikan masalah pajaknya. Bisa juga dia ikut tapi enggak benar angkanya tidak semua dilaporkan. Nah, itu juga ada aturannya," papar Darmin.

Dalam hal ini, lanjut Darmin, pemerintah sedang menyusun draf Peraturan Pemerintah (PP) yang secatra spesifik mengatur hal itu. Misalnya, berapakah besaran tarif atau denda yang dibebankan kepada WP yang mangkir dari program tax Amnesty itu. "Pokoknya semua itu diatur secara jelas, sehingga tidak bisa ditafsirkan lain dalam pelaksanaan," kata Darmin.

Masih kata Darmin, konsep atau draf dari PP tersebut, diharapkan bisa segera rampung. Sehingga bisa segera diserahkan ke Presiden Joko Widodo. "Ya kita berusaha dalam waktu cepat. Ya mudah-mudahan 1-2 bulan ini deh, kalau bilang sebulan meleset lagi. Kendalanya ya didiskusikan panjang lebar ya," kata Darmin. [ipe]

 
x