Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 17 Desember 2017 | 03:47 WIB

Kemenhub Masih Sulit Buat Aturan Bagi Ojek Online

Oleh : M Fadil Djailani | Jumat, 12 Mei 2017 | 14:48 WIB
Kemenhub Masih Sulit Buat Aturan Bagi Ojek Online
Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Perhubungan masih mengkaji mekanisme yang cocok untuk mengatur ojek online sebagai moda transportasi umum.

Kajian tersebut bertujuan untuk merevisi Undang-Undang (UU) Nomer 22 Tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ). "Kita masih menjajaki dari kegiatan yang sifatnya FGD (Focus Group Discussion), dan juga kegiatan-kegiatan ilmiah, itu kami lakukan bagaimana revisi dari UU itu. Khususnya sepeda motor yang digunakan untuk angkutan orang," kata Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Pudji Hartanto saat ditemui di Kementerian Keuangan, Jumat (12/5/2017).

Pudji juga menjelaskan hingga saat ini pihak dari pemerintah juga belum mendiskusikan masalah revisi UU tersebut kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR). Sebab masih terus melakukan pengkajian yang lebih mendalam. Arahnya tentang kelayakan transportasi sepeda motor dijadikan angkutan umum.

"Sementara kita belum sampai tahap mendiskusikan ke anggota DPR. Kita masing-masing sedang mempelajari, dan mengumpulkan saran dari tokoh masyarakat, dari masyarakat transportasi Indonesia," kata dia.

Meski begitu ada dari sebagian dari masyarakat yang menginginkan transportasi sepeda motor dijadikan alat transportasi umum, yang sekarang marak dilakukan oleh para pengguna perusahaan transportasi online.

"Pastinya karena itu merupakan kebutuhan masyarakat pastinya mereka menginginkan itu (ojek online) masuk (sebagai kendaraan umum). Tapi itu kan harus dikaji lagi," jelasnya. [hid]

Komentar

 
x