Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 28 Mei 2017 | 11:47 WIB

Wacana Ganjil-genap

Saat Mudik, Kemenhub Batasi Mobil Masuk Tol?

Oleh : M fadil djailani | Jumat, 12 Mei 2017 | 19:08 WIB
Saat Mudik, Kemenhub Batasi Mobil Masuk Tol?
Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto Iskandar - (Foto: Istimewa)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Kementerian Perhubungan mewacanakan penerapan pelat nomor ganjil-genap untuk kendaraan mudik 2017. Di mana, tidak semua kendaraan bisa masuk jalan tol.

"Semua sedang dibahas untuk bagaimana policy kebijakan untuk ganjil genap diberlakukan saat mudik," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat, Kementerian Perhubungan Pudji Hartanto Iskandar di Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat (12/5/2017).

"Ini sedang dilakukan kajian baik para pakar, lalu MTI (Masyarakat Transportasi Indonesia) sendiri. Dalam FGD mengatakan 50% setuju, 50% mengatakan perlu ada pengkajian. Makanya kita perlu melihat apakah ganjil genap itu diberlakukan," kata Pudji.

Meski sistem ganjil-genap untuk arus mudik belum diputuskan, kata Pudji, Kemenhub mengaku sudah mempersiapkan skenarionya. "Harus diidentifikasi daerah mana yang kritis dan harus diurai," kata Pudji.

Pudji menambahkan, untuk mengurangi kemacetan saat mudik lebaran, kemenhub menyiapkan kapal roro untuk mengangkut kendaraan para pemudik yang menggunakan kendaraan pribadi. "Itu untuk motor sama truk. Mereka tetap bayar," tuturnya. [ipe]

 
x