Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 26 Mei 2017 | 22:00 WIB

Jelang Puasa dan Lebaran

Persediaan Cukup, Harga Bawang Bisa Turun

Oleh : - | Jumat, 12 Mei 2017 | 19:50 WIB
Persediaan Cukup, Harga Bawang Bisa Turun
pedagang bawang di passar induk kramat djati - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Dua pekan menjelang Bulan Puasa, harga bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, Jakarta Timur, turun di kisaran Rp37.000/kg. Sedangkan bawang merah turun Rp5.000 menjadi Rp 25.000/kg.

Pedagang bawang di Pasar Kramat Jati, Murti mengakui adanya penurunan harga bawang putih, dikarenakan adanya peran pemerintah khususnya Kementerian Perdagangan. Tentu saja, penurunan harga ini sungguh menggembirakan konsumen. Apalagi, penurunan terjadi menjelang Ramadan. "Penurunan harga enggak buat pedagang rugi. Masih ada untung. Buat konsumen juga senang kan," kata Murti, Jumat (12/5/2017).

Meski turun, pedagang asal Klaten, Jawa Tengah ini mengaku khawatir jika penurunan harga bawang khususnya bawang merah hanya bersifat sementara. "Bisa saja seminggu dan memasuki bulan puasa akan naik lagi. Soalnya harga sayuran juga pada naik," kata Murti.

Dia bilang, perbedaan harga komoditas bawang, jenis bawang merah dan bawang putih, sangat bergantung pasokan. "Kalau di Brebes kosong, pasti naik. Begitu juga sebaliknya," jelas Murti yang mengaku biasa mengambil pasokan bawang dari Pasar Induk, Kramat Jati.

Distributor bawang putih, Srimpit, mengatakan, harga eceran bawang putih di Pasar Induk Kramat Jati, berada di kisaran Rp36.000/kg.

Diakui, memang ada perubahan siginifkan pada harga hari ini yang disebabkan peran pemerintah dan importir. Harga bawang putih di tingkat distributor sebesar Rp32.000/kg. Sedangkan harga untuk agen sebesar Rp34.000/kg.

Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita mengatakan, kemendag sudah mengucurkan stok bawang putih impor ke pasaran sejak pekan lalu. Dia bilang, izin impor sudah diberikan kepada bulog dan barang turun pada Jumat (12/5).

Sementara, Elvi, seorang pembeli, mengaku kaget dengan penurunan harga jenis bawang putih. "Kaget banget, biasanya kan jelang Ramadan apa-apa selalu naik," ungkap Elvi.

Elvi berharap, pemerintah cepat turun tangan mengantisipasi kenaikan harga, seperti bawang putih ini. "Mudah-mudahan lainnya cepet turun deh, soalnya ini kan kebutuhan sehari-hari," kata Elvi. [tar]

 
x