Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 21 Juli 2017 | 01:32 WIB

Bulog Ditugasi Impor Bawang Putih 1.000 Ton

Oleh : Uji Sukma Medianti | Sabtu, 13 Mei 2017 | 05:56 WIB
Bulog Ditugasi Impor Bawang Putih 1.000 Ton
(Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Perum Bulog ditugasi impor bawang putih sebanyak 1.000 ton. Hal ini guna menstabilkan harga bawang putih di pasar.

Direktur Pengadaan Perum Bulog, Tri Wahyudi Saleh, menuturkan, Bulog ditugaskan oleh pemerintah untuk impor bawang putih dengan harga senilai Rp 38.000/kg pada akhir pekan ini.

"Ya bawang putih impor dari China dijual dengan harga eceran 38.000 per kg untuk minggu ini sesuai ketentuan dari kemendag," jelasnya kepada INILAHCOM di Jakarta, Jumat (12/5/2017).

Namun, kata Tri, minggu depan harga bawang putih eceran akan ditekan lagi hingga Rp 35.000/kg. Tri mengatakan bahwa impor sejumlah 1.000 ton diperuntukkan di seluruh Indonesia dengan fokus daerah dengan pantauan harga eceran yang tinggi.

Tri mengaku, mengapa memilih impor dari China, lantaran dibandingkan bawang putih asal India, konsumen di tanah air lebih menyukai bawang putih asal negeri tirai bambu.

"Ada juga dari negara lain seperti india dan mesir tapi kurang diminati," ungkapnya.

Menurutnya, konsumen lebih suka bawang putih India karena kemungkinan umbinya lebih besar dan berwarna lebih putih.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri, Kementerian Perdagangan, Tjahya Widayati, mengatakan, pemerintah memang telah menugaskan Perum Bulog untuk melakukan impor bawang putih sejak beberapa waktu lalu.

"Yang ditugaskan Bulog. Sudah sejak beberapa saat yang lalu," ujarnya saat dihubungi INILAHCOM. [hid]

 
x