Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 20 September 2017 | 14:30 WIB

Fadli Zon Merasa Dibidik Kasus Pajak, Ini Kata DJP

Oleh : M fadil djailani | Senin, 15 Mei 2017 | 04:29 WIB
Fadli Zon Merasa Dibidik Kasus Pajak, Ini Kata DJP
Wakil Ketua DPR Fadli Zon - (Foto: Inilahcom/Didik Setiawan)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Wakil Ketua DPR Fadli Zon mengatakan, ada pihak-pihak yang sengaja mencari 'dosa-dosa' pajaknya. Dan, diduga kuat instruksi dari pihak istana. Benarkah?

Terkait sinyalemen itu, Direktorat Jenderal Pajak (DJP) buru-buru mengklarifikasi melalui surat elektronik. Intinya, dalam menjalankan tugasnya, DJP tidak pernah menjalankan pesanan dari siapapun.

"DJP tidak pernah mendapatkan instruksi atau pesanan untuk mencari persoalan perpajakan wajib pajak dari siapapun. DJP bukanlah alat politik, melainkan institusi penghimpun penerimaan negara yang bekerja berdasarkan Undang-Undang Perpajakan, baik UU formal dan material," kata Direktur Penyuluhan dan Pelayanan Masyarakat DJP, Hestu Yoga Saksama di Jakarta, Sabtu (13/5/2017).

Direktorat Jenderal Pajak, kata Hestu, memiliki kewenangan untuk melaksanakan pengawasan terhadap pemenuhan kewajiban perpajakan wajib pajak. Bisa jadi memang terdapat data atau informasi yang mengindikasikan ketidakpatuhan dari wajib pajak (WP).

"Maka DJP akan mengambil langkah-langkah tindak lanjut seperti memberikan teguran, himbauan, bahkan sampai melakukan tindakan pemeriksaan, pemeriksaan bukti permulaan atau penyidikan pajak," kata Hestu.

Prosedur yang dilakukan DJP terhadap WP, lanjut Hestu, termasuk Fadli Zon yang menjabat Wakil ketua DPR, murni merupakan langkah-langkah pengawasan yang menjadi tanggung jawab dan dilaksanakan oleh DJP sendiri.

"Terkait pernyataan Bapak Fadli Zon bahwa sudah mengikuti amnesti pajak, maka kami sampaikan bahwa bagi setiap wajib pajak yang telah mengikuti amnesti pajak, dan sudah melaporkan seluruh hartanya, dapat dipastikan tidak akan dilakukan pemeriksaan. Atau penyidikan tindak pidana pajak untuk 2015 dan sebelumnya. Dengan kata lain, seluruh permasalahan pajaknya sudah clear," kata Hestu. [ipe]


Pada Jumat (12/5), Wakil Ketua DPR asal Gerindra, Fadli Zon kesal. Lantaran namanya disebut-sebut dalam sidang dugaan suap Direktur PT Eka Prima Ekspor Ramapanicker Rajamohanan, yang menghadirkan Kasubdit DJP Handang Soekarno.

Fadli mengaku heran dan tak pernah tahu, apalagi berurusan dengan pajak. Selama ini, dirinya merasa tak pernah ada masalah dengan pajak. Selalu membayar pajak sesuai aturan dan tepat waktu. Dan, dia telah melaporkan harta kekayaannya melalui LHKPN.

Fadli menduga ada pihak-pihak yang sengaja ingin membidiknya. Bisa jadi karena Fadli adalah politisi yang aktif mengikuti dinamika politik yang sempat memanas belakangan. Semisal, dia ikut dalam aksi 411 bersama sejumlah Ormas Islam. "Ada lima orang datang ke saya menyampaikan informasi sedang dicari permasalahan pajaknya," kata Fadli.

Fadli bilang, informasi tersebut menyebutkan bahwa memang ada perintah dari Istana untuk menyeret namanya ke dalam kasus suap pajak tersebut. "Ya enggak tahu kabarnya begitu. Dibilang, ini ada dari Istana, perintah dari Istana. Saya enggak tahu bener apa enggak," kata Fadli.

Selain nama Fadli Zon, ada pula Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah yang ikut disebut dalam sidang tersebut. Termasuk artis kondang Syahrini serta Ahmad Dhani ikut disebut dalam sidang di PN Tipikor, Senin (20/3). [ipe]

Tags

 
x