Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 26 Juli 2017 | 05:54 WIB

Virus WannaCry Bikin Bos BPS Galau

Oleh : M fadil djailani | Senin, 15 Mei 2017 | 18:54 WIB
Virus WannaCry Bikin Bos BPS Galau
Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kecuk Suhariyanto - (Foto: Inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Virus ransomware berjenis WannaCrypt atau WannaCry, memang tak ada hubungannya dengan penyakit. Yang diserang sistem pengolahan data. Kalau sudah kena, operasional bisa terhambat, bahkan terhenti.

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Kecuk Suhariyanto mengaku ketar-ketir dengan mewabahnya virus WannaCry ini. Apalagi sudah ada korbannya yakni RS Dharmais. Dalam sekejab, layanan rumah sakit spesialis kanker ini, terhambat.

Kecuk bilang, langkah antisipasi serangan WannaCry ditempuh dengan mengoptimalkan Biro Sistem dan Informasi (BSI) BPS. "Dari Senin (15/5) pagi kita sudah mulai melakukan antisipasi data-data penting, kira juga sudah berkoordinasi dengan BSI untuk melakukan antisipasi tersebut dan kita sudah memproteksi (data)," ujar kecuk di Kantornya, Jakarta, Senin (15/5/2017).

Kata dia, BPS mengikuti instruksi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk membackup data-data penting, ke tempat penyimpanan data yang lebih safety. "Kemarin kan Pak Rudiantara (Menkominfo) bilang gak usah panik, yang penting mengantisipasi dengan mengikuti langkah yang sudah ada," kata Kecuk.

Sekedar mengingatkan, sejak Jumat (12/5/2017), sedikitnya 100 negara di dunia kini, diserbu virus ransomware bernama WannaCry itu. Termasuk Indonesia, program jahat itu yang berhasil masuk ke sistem data RS Dharmais ini, bisa saja menyebar ke instansi lain. [ipe]

Tags

 
Embed Widget

x