Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 17 Agustus 2017 | 16:39 WIB

Jalur Sutra China, RI Jajakan 3 Daerah Investasi

Oleh : M fadil djailani | Selasa, 16 Mei 2017 | 02:09 WIB
Jalur Sutra China, RI Jajakan 3 Daerah Investasi
Menko Perekonomian Darmin Nasution - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Konsep One Belt One Road (OBOR) diperkirakan menjadi 'senjata' China untuk memperluas pengaruh ekonomi di dunia. Dan, Indonesia menawarkan tiga daerah sebagai destinasi investasi mereka.

Sekedar mengingatkan, Presiden Joko Widodo tengah mengikuti pertemuan KTT OBOR di China. Kesempatan ini dimanfaatkan presiden untuk menarik investasi dari negeri Tirai Bambu itu.

"Dalam pertemuan tersebut kita menawarkan 3 daerah, kita juga melihat kesiapan dari kawasan-kawasan tersebut," ujar Menko Perekonomian Darmin Nasution di Kantor Kemenko Perekonomian, Jakarta, Senin (15/5/2017).

Ketiga daerah yang dimaksud Darmin adalah Provinsi Sumatera Utara, Sulawesi Utara dan Provinsi Kalimantan Utara. Di mana, ketiga daerah itu, termasuk dalam jalur sutra yang akan diaktifkan kembali oleh China.

Proyek-proyek yang ditawarkan, lanjut Darmin, adalah pembangunan fasilitas Pelabuhan Kuala Tanjung dan akses jalan dari Kota Medan hingga Sibolga di Sumatera Utara.

Adapula proyek infrastruktur di Bitung-Manado-Gorontalo melalui akses jalan, jalur kereta api, pelabuhan serta bandara yang berada di Sulawesi Utara.

Terakhir, kata Darmin, pemerintah menawarkan investasi China di di Kalimantan Utara. Proyek yang mungkin digarap adalah energi dan pembangkit listrik. "Mungkin daerah lain juga bakal ditawarkan, tapi bagaiman kita melihat kesiapannya," kata Darmin. [ipe]

 
x