Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 18:51 WIB

Negeri Pizza Dorong Gaduh CPO RI Segera Rampung

Oleh : - | Selasa, 16 Mei 2017 | 09:09 WIB
Negeri Pizza Dorong Gaduh CPO RI Segera Rampung
Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita - (Foto: inilahcom)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta - Pemerintah Italia memberi sinyal akan membantu mempercepat perundingan antara Indonesia dengan Uni Eropa, terkait polemik minyak sawit mentah (Crude Palm Oil/CPO) asal Indonesia.

"Kita sepakati, mereka akan bantu percepat perundingan antara Indonesia-UE yang kami targetkan tahun ini bisa final," kata Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita kepada wartawan di Jakarta, Senin (15/5/2017).

Sebelumnya, Wapres Jusuf Kalla menerima Menteri Pembangunan Ekonomi Republik Italia, Carlo Calenda di Kantor Wapres, Jakarta. Pihak Parlemen Uni Eropa mengeluarkan resolusi sawit dan melarang biodiesel berbasis kelapa sawit. Alasannya, pekebunan kelapa sawit di Indonesia dinilai menciptakan deforestasi, korupsi, pekerja anak, sampai pelanggaran HAM.

Meski adanya resolusi sawit, menurut Enggar, ekspor CPO Indonesia ke Eropa dan Amerika bahkan meningkat karena memang dibutuhkan hingga mencapai 15-20 persen pada bulan ini.

Masih kata Enggar, pemerintah Indonesia sangat kuat komitmennya terhadap lingkungan. Meski resolusi tersebut tidak terhadap ekspor Indonesia, jangan sampai dibiarkan karena akan mengganggu dan berdampak tidak baik.

Lebih lanjut dia mengatakan, Wapres Jusuf Kalla menginstruksikan untuk menindaklanjuti kesepakatan peningkatan perdagangan dengan Italia secara umum. [tar]

 
x