Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 November 2017 | 11:45 WIB

Masalah Pangan, Perbaiki Distribusi Logistik

Oleh : M Fadil Djailani | Rabu, 17 Mei 2017 | 04:46 WIB
Masalah Pangan, Perbaiki Distribusi Logistik
(Foto: ilustrasi)
facebook twitter

INILAHCOM, Jakarta -- Tak bisa dipungkiri manajemen pangan di Indonesia masih saja menjadi persoalan utama bobroknya distribusi logistik di dalam negeri.

Sudah bisa ditebak apa yang terjadi dengan manajemen seperti itu, ketersedian bahan pokok menjadi langka hingga harganya melambung. Apalagi memasuki bulan puasa di mana-mana harga kebutuhan pokok melonjak tajam.

Sekretaris Jenderal Asosiasi Pedagang Pasar Seluruh Indonesia (APPSI), Muhammad Maulana mengungkapkan bahwa naiknya harga kebutuhan pokok jelang puasa seperti ini, tidak semata-mata ulah dari pedagang yang menimbun dan memainkan harga, menurutnya andil distribusi logistik yang buruk sangat mempengaruhi harga kebutuhan pokok.

"Biaya logistik yang mahal juga andil dalam merangkak naiknya harga kebutuhan pokok," kata Maulana di Jakarta, Selasa (16/5/2017).

Dia bilang pemerintah seharusnya melihat persoalan ini, bagaimana bisa memperbaiki struktur harga pasar, jika biaya distribusi logistik masih mahal.

"Infastruktur logistik harus dibenahi, biasanya semua barang tiba-tiba naik itu karena biaya logistik naik," katanya.

Sementara itu, Ketua Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) Abdullah Mansuri mengatakan persoalan data pangan juga harus dibenahi antara Kementerian Pertanian dan Kementerian Perdagangan, sehingga menghasilkan kebijakan yang benar-benar bisa menyelesaikan persoalan yang ada.

"Kami menilai harga kebutuhan pokok akan sulit dikendalikan selama tidak adanya sinergi dari semua pihak. Ikappi melihat harus ada koordinasi antar kementerian," ujar Abdullah.

"Kementan harus memperkuat pendataan agar bisa dijadikan rujukan lembaga lain. Kementan juga harus memperkuat produksi dalam negeri," katanya. [lat]

Komentar

 
Embed Widget

x